PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM BERBASIS KEARIFAN LOKAL TAT TWAM ASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKN SISWA KELAS IV SD GUGUS PB. SUDIRMAN DENPASAR BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12959Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara siswa kelas IV SD Gugus PB. Sudirman Denpasar Barat tahun ajaran 2016/2017 yang mengikuti pembelajaran Quantum berbasis kearifan lokal Tat Twam Asi dan yang mengikuti pembelajaran secara konvensional (pendekatan saintifik). Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di Gugus PB. Sudirman Denpasar Barat. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IVA SDN 6 Dauh Puri sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVB SDN 6 Dauh Puri sebagai kelompok kontrol. Data hasil kompetensi pengetahuan PKn siswa dikumpulkan dengan instrumen tes (pilihan ganda). Kemudian data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,30 > ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 2,000, dapat diinterprestasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran quantum berbasis kearifan lokal tat twam asi dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran quantum berbasis kearifan lokal tat twam asiberpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan siswa kelas IV SD Gugus PB. Sudirman Denpasar Barat Tahun Ajaran 2016/2017Referensi
Afa, Yulita Faizul, I.Gst. A. Oka Negara & I Kt. Adnyana Putra. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Dukungan Media Audio – Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1
Aka, Kukuh Andri. 2016. Model Quantum Teaching Dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogia. Volume 5, Nomor 1 (hlm. 35-46)
Astuti, Ni Md. Rai, I Kt. Ardana & I. B. Surya Manuaba. (2013). Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus III Kerobokan Badung. Jurnal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 1 Nomor 1
Buacani. 2016. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Menghitung Luas Bangun Datar dan Segi Banyak Melalui Pendekatan Quantum Learning di Kelas VI SDN Inpres 5 Birobuli. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 4 No10 (hlm. 250-261)
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Medika
DePorter, Bobbi dkk. 2014. Quantum Teach¬ing. Bandung: Kaifa
Koolang, Salim Mulyadi, Amran Rede & Mohammad Jamhari. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Berbagai Peristiwa Alam di Kelas V SDN Pakanangi melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 1 No. 2 (hlm. 1-8)
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Ja-karta: Rajawali Pers
Kurniawati, Narulita Setyaningrum & Moch.Syaichudin.2014. Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar Menulis Karangan Kelas V SDN Lidah Wetan IV Surabaya. Volume 2 Nomor 1
Kusumawardani, Irlaila. 2016. Penerapan Quantum Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pelajaran PKn Kelas VA SDN Pungkuran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 20 (hlm. 1923-1933
Partiwi, Dw. A. Pt. Oka, Nym. Dantes & I Dw. Pt. Raka Rasana. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 1, Nomor 1
Peraturan Menteri Pendidikan dan Ke¬budayaan Nomor 57 Tahun 2014
Setiawati, Nani , H. Marzuki & Hj. Sri Utami. 2017. Implementasi Pembelajaran Tematik Dengan Quantum Teaching di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 21. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 6, Nomor 3
Suarnaya, Kd. Dwi. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran TANDUR Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Ter¬hadap Hasil Belajar IPA”.e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD Volume 3 Nomor 1
Suartana. 2014. “Pengaruh Model Pembela¬jaran Kuantum dengan Teknik Peta Konsep terhadap Hasil Belajar PKn”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD Volume 2 Nomor 1
Subagiasta, I Ketut. 2007. Etika Pendidikan Agama Hindu. Surabaya: Paramita.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuanti¬tatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukarsa, I Wy., Ny. Dantes & Ni Wy. Arini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Semester 1 SD Negeri 6 Menanga. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Ja¬karta: Prenamedia Group
Susiani, Ketut, Nyoman Dantes & I Nyoman Tika. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Banyuning. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3
Trisnawati, Dhoriva Urwatul Wutsqa. 2015. Perbandingan Keefektifan Quantum Teaching Dan Tgt Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Prestasi Dan Motivasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 2, Nomor 2 (hlm. 297 - 307)
Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)