Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Penulis

  • Kd Ayu Yunita Kawi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suadnyana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha
  • IB Surya Manuaba Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17658

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini eksperimen kuasi menggunakan desain rancangan kelompok non-ekuivalen. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 346 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik sampel kelompok, yaitu melakukan random pada kelompok kelas, sehingga diperoleh kelas IVA SD Negeri 4 Tonja sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD Negeri 4 Peguyangan sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018. Dengan demikian model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018

Referensi

Agung, A. A. G. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:

Aditya Media Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Elinawati, Winda, Hilarius Jago Duda, dan Hendrikus Julung. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Sainsmat Vol. VII No. 1 Hal. 13-24. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat. Diakses Tanggal 11 Januari 2018.

Fitriana, Martina, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika Vol. 2 No. 1 Hal. 59-68. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/. Diakses Tanggal 11 Januari 2018.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Mahardika, I.G. Putu Putra. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran ‘TANDUR’ Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V”. Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, Volume 5, Nomor 2 (hlm.1-9). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10909 (diakses tanggal 11 Januari 2018).

Pujiastutik, Hernik. 2016. Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Belajar Pembelajaran. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13 No. 1 Hal. 515-518. https://media.neliti.com/media/publications/. Diakses Tanggal 11 Januari 2018.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia. Prenadamedia Group.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran Visual-Audio Visual- Komputer-Power Point- Internet-Interactive Video. Yogyakarta: Kata Pena.

Wedyawati, Nelly, Pranciska Gamilina. 2018. Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 Hal. 155-162. http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/KGU/article/view/442. Diakses Tanggal 11 Januari 2018.

Widiastuti, A.A.Pt Yuni. (2014). “Pengaruh Model Auditory Intellectualy Repetition Berbantuan terhadap Keterampilan Berbicara”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia, Volume 2, Nomor 1 (hlm.---). Tersedia pada https:// ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2223 (diakses tanggal 11 Nopember 2017).

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yusuf, Muri. A. 2015.Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Cara Mengutip

Yunita Kawi, K. A., Suadnyana, I. N., & Manuaba, I. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 70–78. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17658

Terbitan

Bagian

Article