Kontribusi Pola Asuh Orang Tua dan Aktualisasi Diri terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24329Kata Kunci:
aktualisasi, kompetensi, pola asuhAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara (1) pola asuh orang tua terhadap kompetensi pengetahuan IPS (2) aktualisasi diri terhadap kompetensi pengetahuan IPS (3) pola asuh orang tua dan aktualisasi diri terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini berjumlah 458 yang merupakan seluruh siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner untuk mengukur pola asuh orang tua dan aktualisasi diri, dan metode pencatatan dokumen berupa nilai ulangan akhir semester 1 (UAS) untuk mencatat kompetensi pengetahuan IPS. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana analisis regresi ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 83,4 % (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara aktualisasi diri terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 83% (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara pola asuh orang tua dan aktualisasi diri terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 86,3%. Jadi, pola asuh orang tua dan aktualisasi diri berkontribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan.Referensi
Agung, A.A. Gede. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Agung, A.A Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Jaenudin, Ujam. 2015. Teori-teori Kepribadian. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Kuniarsih, dan Berlin Sani. 2016. Revisi Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Nasional nomor 24 Tahun 2006 Tentang Kurikulum IPS SD. Jakarta: Kemendiknas. Tersedia Pada https://awidyarso65.files.wordpress.com/2008/08/permendiknas-no-24-th-2006-ttg-kurikulum-ips-sd.pdf (Diakses tanggal 18 februari 2019)
Prawira, Purwa Atmaja. 2014. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Rahmawati, Fitria (2014) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sd Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Singaraja: Undiksha. Tersedia Pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2444 (Diakses tanggal 10 Februari 2019)
Riduwan dan Akdon. 2008. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta
Saam, Zulfan dan Sri Wahyuni. 2013. Psikologi Keperawatan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Sinambela, Haidayati (2016) pengaruh aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi kelas xi sma negeri 1 palipi kabupaten samosir tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. Tersedia Pada http://digilib.unimed.ac.id/20359/ (diakses tanggal 10 Februari 2019)
Siregar, Sofyan. 2015. Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenamedia Group
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Tridhonanto, Al dan Beranda Agency. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Pt. Gramedia
Widhiasih, Ika. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat.Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tersedia Pada https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/9380 (diakses tanggal 10 Februari 2019)
Wilox, Lynn. 2018. Psikologi Kepribadian.Yogyakarta:IRCiSoD
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)