Peningkatan Keterampilan Menulis Recount Text Melalui Pendekatan Genre Based

Authors

  • L. M. Melalolin Universitas Pendidikan Ganesha
  • N. M. S. A. Hartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • N. W. S. Mahayanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis recount text setelah diterapkan pendekatan pembelajaran genre based approach pada siswa kelas VIII-A7 SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII-A7 yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 17 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data proses pembelajaran yang meliputi lembar observasi dan angket serta data hasil belajar yang diperoleh dari hasil penulisan siswa tentang recount text. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan cara kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis setelah adanya penerapan pendekatan genre based, hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai pada masing-masing siklus dimana jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat jika dibandingkan dengan hasil ­pre-test. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pre-test sebanyak 7 orang atau 21.87%, selanjutnya peningkatan yang cukup signifikan terjadi pada siklus I yaitu sebanyak 21 orang atau 65.63% dan terus mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 25 orang tau 78.13%. Dengan demikian terjadi peningkatan angka rata-rata persentase dari ­pre-test ke siklus I sebanyak 56.26%, sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 12.5%. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa genre based approach dapat meningkatkan keterampilan menulis recount text pada siswa kelas VIII-A7 SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2018/2019.

Author Biographies

L. M. Melalolin, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

N. M. S. A. Hartini, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

N. W. S. Mahayanti, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

References

Allington, R. L. (2011). What really matters for struggling readers. New York: Addison Wesley Longman.

Anderson, M., and Anderson, K. (2002). Text Type in English 3. Australia: Macmillan.

Derewianka, B. (2003). ‘Trends and Issues in Genre-based Approaches’. RELC Journal. 34.2. 133-54. London: Continuum. DOI: https://doi.org/10.1177/003368820303400202

Dirgeyasa, Wy. I. (2016). Genre-Based Approach: What and How to Teach and to Learn Writing. Canadian Center of Science and Education. DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v9n9p45

Kemmis, S., & Taggart, M. (2002). R. 1988. The action research planner.

Klinton, K. (2013). Action Research Report: Note-taking Strategies.

Komaidi, D. (2007). Aku Bisa Menulis. Panduan Praktis Menulis Kreatif Lengkap. Yogyakarta: Sabda Media.

Pardiyono. (2007). Pasti Bisa: Teaching Genre Based Writing. Yogyakarta: Penrbit Andi.

Richards, J.C. (2015). Key Issues in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press DOI: https://doi.org/10.1017/9781009024600

Rudi Hartono, S. S., & Pd, M. (2005). Genre of texts. English Department Faculty of Language and Art. Semarang State University.

Suparno, M. Y. (2008). Keterampilan dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-01-25

How to Cite

Melalolin, L. M., Hartini, N. M. S. A., & Mahayanti, N. W. S. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Recount Text Melalui Pendekatan Genre Based. Indonesian Journal of Instruction, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27825