Peningkatan Keterampilan Menulis Recount Text Melalui Pendekatan Genre Based
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27825Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis recount text setelah diterapkan pendekatan pembelajaran genre based approach pada siswa kelas VIII-A7 SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII-A7 yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 17 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data proses pembelajaran yang meliputi lembar observasi dan angket serta data hasil belajar yang diperoleh dari hasil penulisan siswa tentang recount text. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan cara kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis setelah adanya penerapan pendekatan genre based, hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai pada masing-masing siklus dimana jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat jika dibandingkan dengan hasil pre-test. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pre-test sebanyak 7 orang atau 21.87%, selanjutnya peningkatan yang cukup signifikan terjadi pada siklus I yaitu sebanyak 21 orang atau 65.63% dan terus mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 25 orang tau 78.13%. Dengan demikian terjadi peningkatan angka rata-rata persentase dari pre-test ke siklus I sebanyak 56.26%, sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 12.5%. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa genre based approach dapat meningkatkan keterampilan menulis recount text pada siswa kelas VIII-A7 SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2018/2019.
References
Allington, R. L. (2011). What really matters for struggling readers. New York: Addison Wesley Longman.
Anderson, M., and Anderson, K. (2002). Text Type in English 3. Australia: Macmillan.
Derewianka, B. (2003). ‘Trends and Issues in Genre-based Approaches’. RELC Journal. 34.2. 133-54. London: Continuum. DOI: https://doi.org/10.1177/003368820303400202
Dirgeyasa, Wy. I. (2016). Genre-Based Approach: What and How to Teach and to Learn Writing. Canadian Center of Science and Education. DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v9n9p45
Kemmis, S., & Taggart, M. (2002). R. 1988. The action research planner.
Klinton, K. (2013). Action Research Report: Note-taking Strategies.
Komaidi, D. (2007). Aku Bisa Menulis. Panduan Praktis Menulis Kreatif Lengkap. Yogyakarta: Sabda Media.
Pardiyono. (2007). Pasti Bisa: Teaching Genre Based Writing. Yogyakarta: Penrbit Andi.
Richards, J.C. (2015). Key Issues in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press DOI: https://doi.org/10.1017/9781009024600
Rudi Hartono, S. S., & Pd, M. (2005). Genre of texts. English Department Faculty of Language and Art. Semarang State University.
Suparno, M. Y. (2008). Keterampilan dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)