Multimedia Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Tematik Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v1i2.30884Keywords:
Multimedia Pembelajaran, Tematik, ADDIEAbstract
Peran multimedia pembelajaran membawa dampak yang sangat baik untuk usaha peningkatan hasil belajar peserta didik karena mampu menciptakan suasana belajar yang kreatif dan inovatif. Tetapi dalam penerapannya ditemukan hambatan, yaitu kurangnya pemanfaatan media yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia dan validitas multimedia pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan metode pencatatan dokumen, wawancara, observasi, dan kuesioner/angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Hasil penelitian ini terdiri dari hasil validasi oleh ahli materi terhadap multimedia pembelajaran diperoleh hasil validasi diperoleh skor dengan persentase sebesar 93,0% pada kategori sangat baik. Hasil dari ahli media pembelajaran diperoleh skor sebesar 90,5% pada kategori sangat baik. Hasil dari ahli desain pembelajaran diperoleh skor sebesar 84,0% pada kategori baik. Hasil dari uji coba perorangan diperoleh skor 93,80% pada kategori sangat baik dan uji coba kelompok kecil diperoleh skor sebesar 94,8% pada kategori sangat baik. Jadi, penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik dan layak untuk digunakan pada mata pelajaran tematik.
References
Abbasi, S., Moeini, M., Shahriari, M., Ebrahimi, M., & Khoozani, E. K. (2018). Designing and manufacturing of educational multimedia software for preventing coronary artery disease and its effects on modifying the risk factors in patients with coronary artery disease. Electronic Journal of General Medicine, 15(3), 1–6. https://doi.org/10.29333/ejgm/85942. DOI: https://doi.org/10.29333/ejgm/85942
Abidin, Z. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 001 Binamang. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2256–263). https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/4596/4380. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4596
Adeniyi, O. F., Olowoyeye, A. C., & Onuoha, U. D. (2016). The Effect of Interactive Multimedia on English Language Pronunciation Performance of Pupils in the Nigerian Primary Schools. Research on Humanities and Social Sciences, 6, 71–78. https://core.ac.uk/download/pdf/234675058.pdf.
Admadja, I. P., & Marpanaji, E. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran praktik individu instrumen pokok dasar siswa SMK di bidang keahlian karawitan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 173–183. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i2.8107. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i2.8107
Alfinanda, F. N. dan M. R. F. (2020). Identifikasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 137–147. https://scholar.archive.org/work/5lb2ewvxh5gyzkwxphwbfdzjjq/access/wayback/https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/18750/pdf. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v12i2.18750
Anshory, I. D. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(1), 35–46. https://eprints.umm.ac.id/44882. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kristis Siswa Sd Pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 422–432. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28165.
Asih, J. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tounament (TGT) Siswa Kelas VI SD Negeri 002 Teluk Nilap Kubu Babussalam. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 174–180. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/4585/4369. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4585
Asiyah, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini. Journal of Basic Education Research, 1(2), 45–53. https://cahaya-ic.com/index.php/JBER/article/view/82. DOI: https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.82
Chrisyarani, D. D., & Yasa, A. D. (2018). Validasi modul pembelajaran: Materi dan desain tematik berbasis PPK. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 206–212. https://pdfs.semanticscholar.org/809d/caaa14cdd74c4b19626bba146dde1335089c.pdf. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3207
Dunsworth, Q., & Atkinson, R. K. (2007). Fostering multimedia learning of science: Exploring the role of an animated agent’s image. Computers & Education, 49(3), 677–690. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2005.11.010. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2005.11.010
Ghati, E. W. (2018). Karakteristik Respon Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Pedagogik, 5(2), 209–216. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i2.386.
Hapidin, H., Nurjannah, N., & Hartati, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Proyek Dalam Menerapkan Pendidikan Kelautan Pada Anak Di Kepulauan Seribu. Jurnal Pendidik Anak Usia Dini, 12(1), 51–65. https://doi.org/10.21009//JPUD.121.05. DOI: https://doi.org/10.21009//JPUD.121.05
Herdiawan, H., Langitasari, I., & Solfarina, S. (2019). Penerapan PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Konsep Koloid. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 4(1), 24. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4867. DOI: https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4867
Istiningsih, Galih, D. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran “Promister” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang Pandhawa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 2(2), 94–103. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2637.
Kristanto, Y. E. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kristis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 22(2), 197–208. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7750.
Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Model Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Petik, 6(1), 18–26. https://scholar.archive.org/work/cy4l3vp5qrfzli4kojizgafgci/access/wayback/https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/download/729/pdf. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i1.729
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24. DOI: https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
Miftah, Muthiah Nurul, D. (2016). Pola Literasi Visual Infografer Dalam Pembuatan Informasi Grafis (Infografis). Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 4(1), 87–94. https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11635. DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11635
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal., 4(2), 87–97. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Nasution, H. K. (2018). Implementasi Pembelajaran Tematik dalam perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini kelompok B di TK IT Nurul ‘Ilmi Medan. Jurnal Raudhah, 6(1). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/280.
Ningsih, N. L. P. Y. W. dan N. W. S. (2020). Kesiapan Belajar dan Aktualisasi Diri Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu., 25(3), 368-379. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25486.
Nuswantari, N. (2018). Model pembelajaran nilai-nilai toleransi untuk anak sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2255. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2255
Oktafiani, D. dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527-540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.
Prabawa, D. G. A. P. dan M. P. R. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik Untuk siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.
Putri, Yuni Eka, dan F. (2019). Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Quran dan Nilai Budaya Alam Minagkabau dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus:SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang). Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–6. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24124. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.8
Ratnasari, D., Sukarmin, S., & Radiyono, Y. (2017). Implementasi Pendekatan Konstruktivisme melalui Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dan Pengaruhnya terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 111. https://doi.org/10.21009/1.03115. DOI: https://doi.org/10.21009/1.03115
Saihu. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi di Jembrana Bali). Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 69–90. https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.364. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.364
Sakti, B. P., & Budiyono, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di SDN 1 Kragilan. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 65–70. https://www.jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/3860. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3860
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501
Shoimah, Lailatus, D. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169–175. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206.
Siti Kudsiyah, & Harmanto. (2017). Pengembangan multimedia powerpoint interaktif materi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional kelas VIII D SMPN 1 Jabon. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1–15. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/30/article/view/18206.
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Sudarma, I Komang, D. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual. Graha Ilmu.
Sudatha, I. W.; Tegeh, I. M. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. Mediaakademi.
Suraweera, S. A. D. H. N., Yatigammana, M. R. K. N., Jayantha, R. U. H., Pathiranage, D. M., Pasaual, M. K. De, Priyankara, C., & Wijeyarathne, P. G. (2018). Transforming Sri Lankan Education with Interactive Multimedia Technology: The Journey to E-Lankapura. In 2018 National Information Technology Conference (NITC). IEEE. https://doi.org/10.1109/NITC.2018.8550079. DOI: https://doi.org/10.1109/NITC.2018.8550079
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. UNY Press.
Tegeh, I. M. dan I. N. J. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. FIP Undiksha.
Untari, R., Kamdi, W., Dardiri, A., Hadi, S., & Nurhadi, D. (2020). The Development and Application of Interactive Multimedia in Project-Based Learning to Enhance Students’ Achievement for 2D Animation Making. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(16), 17–30. https://www.learntechlib.org/p/217965/. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v15i16.16521
Widiastuti, N. L. G. K. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479-490. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28436.
Widodo, W., Sari, D. A. P., Suyanto, T., Martini, M., & Inzanah, I. (2020). Pengembangan Keterampilan Pemodelan Matematis bagi Calon Guru IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 146–155. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.27042. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.27042
Worowirastri, D. D. (2019). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(1), 17–25. https://eprints.umm.ac.id/44981. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4906
Yogiyatno, W. (2003). Pengembangan Multimedia Interatif Kompetensi Dasar Mengoperasikan Software Basis Data Untuk SMK Negeri 1 Seyegen. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 391–404. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2539. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1851
Zuhra, F., Hasan, M., & Safitri, R. (2017). Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 134–139. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8436.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)