Multimedia Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Tematik Kelas V

Authors

  • Jesika Novalia Br Tarigan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • Adrianus Ilia Yuda Sukmana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v1i2.30884

Keywords:

Multimedia Pembelajaran, Tematik, ADDIE

Abstract

Peran multimedia pembelajaran membawa dampak yang sangat baik untuk usaha peningkatan hasil belajar peserta didik karena mampu menciptakan suasana belajar yang kreatif dan inovatif. Tetapi dalam penerapannya ditemukan hambatan, yaitu kurangnya pemanfaatan media yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia dan validitas multimedia pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan metode pencatatan dokumen, wawancara, observasi, dan kuesioner/angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Hasil penelitian ini terdiri dari hasil validasi oleh ahli materi terhadap multimedia pembelajaran diperoleh hasil validasi diperoleh skor dengan persentase sebesar 93,0% pada kategori sangat baik. Hasil dari ahli media pembelajaran diperoleh skor sebesar 90,5% pada kategori sangat baik. Hasil dari ahli desain pembelajaran diperoleh skor sebesar 84,0% pada kategori baik. Hasil dari uji coba perorangan diperoleh skor 93,80% pada kategori sangat baik dan uji coba kelompok kecil diperoleh skor sebesar 94,8% pada kategori sangat baik. Jadi, penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik dan layak untuk digunakan pada mata pelajaran tematik.

References

Abbasi, S., Moeini, M., Shahriari, M., Ebrahimi, M., & Khoozani, E. K. (2018). Designing and manufacturing of educational multimedia software for preventing coronary artery disease and its effects on modifying the risk factors in patients with coronary artery disease. Electronic Journal of General Medicine, 15(3), 1–6. https://doi.org/10.29333/ejgm/85942. DOI: https://doi.org/10.29333/ejgm/85942

Abidin, Z. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 001 Binamang. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2256–263). https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/4596/4380. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4596

Adeniyi, O. F., Olowoyeye, A. C., & Onuoha, U. D. (2016). The Effect of Interactive Multimedia on English Language Pronunciation Performance of Pupils in the Nigerian Primary Schools. Research on Humanities and Social Sciences, 6, 71–78. https://core.ac.uk/download/pdf/234675058.pdf.

Admadja, I. P., & Marpanaji, E. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran praktik individu instrumen pokok dasar siswa SMK di bidang keahlian karawitan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 173–183. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i2.8107. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i2.8107

Alfinanda, F. N. dan M. R. F. (2020). Identifikasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 137–147. https://scholar.archive.org/work/5lb2ewvxh5gyzkwxphwbfdzjjq/access/wayback/https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/18750/pdf. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v12i2.18750

Anshory, I. D. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(1), 35–46. https://eprints.umm.ac.id/44882. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936

Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kristis Siswa Sd Pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 422–432. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28165.

Asih, J. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tounament (TGT) Siswa Kelas VI SD Negeri 002 Teluk Nilap Kubu Babussalam. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 174–180. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/4585/4369. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4585

Asiyah, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini. Journal of Basic Education Research, 1(2), 45–53. https://cahaya-ic.com/index.php/JBER/article/view/82. DOI: https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.82

Chrisyarani, D. D., & Yasa, A. D. (2018). Validasi modul pembelajaran: Materi dan desain tematik berbasis PPK. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 206–212. https://pdfs.semanticscholar.org/809d/caaa14cdd74c4b19626bba146dde1335089c.pdf. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3207

Dunsworth, Q., & Atkinson, R. K. (2007). Fostering multimedia learning of science: Exploring the role of an animated agent’s image. Computers & Education, 49(3), 677–690. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2005.11.010. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2005.11.010

Ghati, E. W. (2018). Karakteristik Respon Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Pedagogik, 5(2), 209–216. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i2.386.

Hapidin, H., Nurjannah, N., & Hartati, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Proyek Dalam Menerapkan Pendidikan Kelautan Pada Anak Di Kepulauan Seribu. Jurnal Pendidik Anak Usia Dini, 12(1), 51–65. https://doi.org/10.21009//JPUD.121.05. DOI: https://doi.org/10.21009//JPUD.121.05

Herdiawan, H., Langitasari, I., & Solfarina, S. (2019). Penerapan PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Konsep Koloid. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 4(1), 24. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4867. DOI: https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4867

Istiningsih, Galih, D. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran “Promister” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang Pandhawa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 2(2), 94–103. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2637.

Kristanto, Y. E. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kristis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 22(2), 197–208. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7750.

Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Model Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Petik, 6(1), 18–26. https://scholar.archive.org/work/cy4l3vp5qrfzli4kojizgafgci/access/wayback/https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/download/729/pdf. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i1.729

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24. DOI: https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Miftah, Muthiah Nurul, D. (2016). Pola Literasi Visual Infografer Dalam Pembuatan Informasi Grafis (Infografis). Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 4(1), 87–94. https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11635. DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11635

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal., 4(2), 87–97. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Nasution, H. K. (2018). Implementasi Pembelajaran Tematik dalam perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini kelompok B di TK IT Nurul ‘Ilmi Medan. Jurnal Raudhah, 6(1). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/280.

Ningsih, N. L. P. Y. W. dan N. W. S. (2020). Kesiapan Belajar dan Aktualisasi Diri Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu., 25(3), 368-379. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25486.

Nuswantari, N. (2018). Model pembelajaran nilai-nilai toleransi untuk anak sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2255. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2255

Oktafiani, D. dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527-540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.

Prabawa, D. G. A. P. dan M. P. R. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik Untuk siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.

Putri, Yuni Eka, dan F. (2019). Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Quran dan Nilai Budaya Alam Minagkabau dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus:SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang). Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–6. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24124. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.8

Ratnasari, D., Sukarmin, S., & Radiyono, Y. (2017). Implementasi Pendekatan Konstruktivisme melalui Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dan Pengaruhnya terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 111. https://doi.org/10.21009/1.03115. DOI: https://doi.org/10.21009/1.03115

Saihu. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi di Jembrana Bali). Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 69–90. https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.364. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.364

Sakti, B. P., & Budiyono, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di SDN 1 Kragilan. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 65–70. https://www.jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/3860. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3860

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501

Shoimah, Lailatus, D. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169–175. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206.

Siti Kudsiyah, & Harmanto. (2017). Pengembangan multimedia powerpoint interaktif materi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional kelas VIII D SMPN 1 Jabon. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1–15. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/30/article/view/18206.

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Sudarma, I Komang, D. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual. Graha Ilmu.

Sudatha, I. W.; Tegeh, I. M. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. Mediaakademi.

Suraweera, S. A. D. H. N., Yatigammana, M. R. K. N., Jayantha, R. U. H., Pathiranage, D. M., Pasaual, M. K. De, Priyankara, C., & Wijeyarathne, P. G. (2018). Transforming Sri Lankan Education with Interactive Multimedia Technology: The Journey to E-Lankapura. In 2018 National Information Technology Conference (NITC). IEEE. https://doi.org/10.1109/NITC.2018.8550079. DOI: https://doi.org/10.1109/NITC.2018.8550079

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. UNY Press.

Tegeh, I. M. dan I. N. J. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. FIP Undiksha.

Untari, R., Kamdi, W., Dardiri, A., Hadi, S., & Nurhadi, D. (2020). The Development and Application of Interactive Multimedia in Project-Based Learning to Enhance Students’ Achievement for 2D Animation Making. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(16), 17–30. https://www.learntechlib.org/p/217965/. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v15i16.16521

Widiastuti, N. L. G. K. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479-490. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28436.

Widodo, W., Sari, D. A. P., Suyanto, T., Martini, M., & Inzanah, I. (2020). Pengembangan Keterampilan Pemodelan Matematis bagi Calon Guru IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 146–155. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.27042. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.27042

Worowirastri, D. D. (2019). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(1), 17–25. https://eprints.umm.ac.id/44981. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4906

Yogiyatno, W. (2003). Pengembangan Multimedia Interatif Kompetensi Dasar Mengoperasikan Software Basis Data Untuk SMK Negeri 1 Seyegen. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 391–404. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2539. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1851

Zuhra, F., Hasan, M., & Safitri, R. (2017). Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 134–139. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8436.

Downloads

Published

2021-01-06

How to Cite

Br Tarigan, J. N., Gede Agung, A. A., & Sukmana, A. I. Y. (2021). Multimedia Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Tematik Kelas V. Indonesian Journal of Instruction, 1(2), 74–84. https://doi.org/10.23887/iji.v1i2.30884

Issue

Section

Articles