Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP

Authors

  • Ni Luh Suardani SD Negeri 4 Tembok, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60857

Keywords:

Supervisi Klinis, Kemampuan Guru, RPP

Abstract

Kendala yang dihadapi guru dalam merencanakan proses pembelajaran atau membuat RPP adalah guru belum mengerti membuat indikator menggunakan kata operasional, guru belum mengerti memilih metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikannya, guru belum mengerti dalam menyusun kegiatan pada tahapan proses pembelajaran, guru belum mengerti dalam membuat penilaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SD dalam menyusun RPP setelah mengikuti supervisi klinis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru-guru SD yang jumlahnya 6 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh peningkatan kemampuan guru menyusun RPP dari prasiklus sebesar 65,22 yang tergolong cukup, meningkat pada siklus I menjadi 69,13 yang tergolong cukup, dan siklus II meningkat menjadi 76,52 yang tergolong baik. Dapat disimpulkan bahwa implementasi supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru SD dalam menyusun RPP. Implikasi penelitian ini diharapkan guru-guru termotivasi untuk melakukan perbaikan dan inovasi pembelajaran di kelasnya.

References

Amin, M. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222

Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990

Astuti, A. (2019). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Provesionalisme Guru. DIDAKTIKA, 11(2), 144. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.162. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.162

Astuti, S. (2017). Supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49–59. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59

Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. AL- Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496. DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496

Dahlim. (2021). Upaya Meningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Dan Bimbingan Berkelanjutan. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.277. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.277

Darwini, Ibrahim, M. M., & Tahir, M. Y. (2019). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah terhadap Motivasi berprestasi Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 116–126. https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/8820. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.8820

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465

Dius, E. (2016). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp Melalui Supervisi Akademik Pada Sd Binaan Di Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2), 131–139. https://doi.org/10.31932/jpk.v1i2.187.

Fifit Humairoh, Achmad Supriyanto, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2277—2280. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Firdaus, T. (2017). Program Supervisi Pendidikan IPA: Implementasi dan Evaluasinya. 1–16. https://doi.org/10.31227/osf.io/e6bcr. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/e6bcr

Hs, S. (2019). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 230–237. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.21164.

Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sman 1 Cikarang Utara Dan Man Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19861. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19861

Kastawi, N. S. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–93. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/4312. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p77-93

Khilmiyah, A., Wiyono, G., & Shodiq, S. F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Supervisi Akademik Berbasis Android Untuk Peningkatan Kinerja Guru SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul. PROSIDING SEMNAS PPM 2020: Inovasi Teknologi Dan Pengembangan Teknologi Informasi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pasca Covid-19, 1018–1028. https://doi.org/10.18196/ppm.35.87. DOI: https://doi.org/10.18196/ppm.35.87

Krisdiyanto, G., & Istikomah. (2016). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Publikasi Pendidikan, 6(3), 205–223. https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12

Manora, H. (2019). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edification Journal, 1(1), 119–125. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88. DOI: https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88

Masmin, D. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sesuai. Journal of Education Action Research, 4(3), 280–285. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27186. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28648

Najmiah, S. (2021). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik yang berkelanjutan di MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 482–490. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443. DOI: https://doi.org/10.31851/sj.v3i2.5327

Novianti, H. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 9(2), 350–358. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1130/938.

Pahlawanti, W. D., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School Principal Supervision and School Committee Participation on the Quality of Junior High School Education. International Journals of Sciences and High Technologies, 23(1), 324–333.

Putriasih, N. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 185–191. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874

Raksa, M. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru SD Melalui Implementasi Supervisi Klinis. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 143–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24599.

Sya’roni, Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 131–147. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785. DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785

Syaputra, M. D., Makhdalena, M., & Sumarno, S. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(2), 146. https://doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.146-155. DOI: https://doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.146-155

Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., Vebryanti, V., Tesaniloka, P., & Melinda. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 127–132. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816

Tanama, Y. J., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2231–2235. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8127.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Suardani, N. L. . (2023). Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 112–123. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60857

Issue

Section

Articles