Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60857Kata Kunci:
Supervisi Klinis, Kemampuan Guru, RPPAbstrak
Kendala yang dihadapi guru dalam merencanakan proses pembelajaran atau membuat RPP adalah guru belum mengerti membuat indikator menggunakan kata operasional, guru belum mengerti memilih metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikannya, guru belum mengerti dalam menyusun kegiatan pada tahapan proses pembelajaran, guru belum mengerti dalam membuat penilaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SD dalam menyusun RPP setelah mengikuti supervisi klinis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru-guru SD yang jumlahnya 6 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh peningkatan kemampuan guru menyusun RPP dari prasiklus sebesar 65,22 yang tergolong cukup, meningkat pada siklus I menjadi 69,13 yang tergolong cukup, dan siklus II meningkat menjadi 76,52 yang tergolong baik. Dapat disimpulkan bahwa implementasi supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru SD dalam menyusun RPP. Implikasi penelitian ini diharapkan guru-guru termotivasi untuk melakukan perbaikan dan inovasi pembelajaran di kelasnya.
Referensi
Amin, M. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990
Astuti, A. (2019). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Provesionalisme Guru. DIDAKTIKA, 11(2), 144. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.162. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.162
Astuti, S. (2017). Supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49–59. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631
Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. AL- Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496. DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496
Dahlim. (2021). Upaya Meningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Dan Bimbingan Berkelanjutan. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.277. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.277
Darwini, Ibrahim, M. M., & Tahir, M. Y. (2019). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah terhadap Motivasi berprestasi Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 116–126. https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/8820. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.8820
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465
Dius, E. (2016). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp Melalui Supervisi Akademik Pada Sd Binaan Di Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2), 131–139. https://doi.org/10.31932/jpk.v1i2.187.
Fifit Humairoh, Achmad Supriyanto, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2277—2280. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Firdaus, T. (2017). Program Supervisi Pendidikan IPA: Implementasi dan Evaluasinya. 1–16. https://doi.org/10.31227/osf.io/e6bcr. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/e6bcr
Hs, S. (2019). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 230–237. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.21164.
Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sman 1 Cikarang Utara Dan Man Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19861. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19861
Kastawi, N. S. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–93. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/4312. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p77-93
Khilmiyah, A., Wiyono, G., & Shodiq, S. F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Supervisi Akademik Berbasis Android Untuk Peningkatan Kinerja Guru SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul. PROSIDING SEMNAS PPM 2020: Inovasi Teknologi Dan Pengembangan Teknologi Informasi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pasca Covid-19, 1018–1028. https://doi.org/10.18196/ppm.35.87. DOI: https://doi.org/10.18196/ppm.35.87
Krisdiyanto, G., & Istikomah. (2016). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Publikasi Pendidikan, 6(3), 205–223. https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275
Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12
Manora, H. (2019). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edification Journal, 1(1), 119–125. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88. DOI: https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88
Masmin, D. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sesuai. Journal of Education Action Research, 4(3), 280–285. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27186. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28648
Najmiah, S. (2021). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik yang berkelanjutan di MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 482–490. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443. DOI: https://doi.org/10.31851/sj.v3i2.5327
Novianti, H. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 9(2), 350–358. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1130/938.
Pahlawanti, W. D., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School Principal Supervision and School Committee Participation on the Quality of Junior High School Education. International Journals of Sciences and High Technologies, 23(1), 324–333.
Putriasih, N. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 185–191. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874
Raksa, M. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru SD Melalui Implementasi Supervisi Klinis. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 143–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24599.
Sya’roni, Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 131–147. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785. DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785
Syaputra, M. D., Makhdalena, M., & Sumarno, S. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(2), 146. https://doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.146-155. DOI: https://doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.146-155
Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., Vebryanti, V., Tesaniloka, P., & Melinda. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 127–132. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816
Tanama, Y. J., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2231–2235. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8127.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ni Luh Suardani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)