Media Pembelajaran Digital Book Berbasis Active Learning Muatan IPS Materi Lingkungan Sahabat Kita Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.69138Keywords:
Media Pembelajaran Digital Book, Active Learning, Muatan IPSAbstract
Berkaitan dengan perkembangan teknologi, penggunaan mendia menjadi salah satu inovasi dalam pembelajaran. Namun, terbatasnnya keberadaan media di satuan pendidikan membuat guru lebih cenderung melaksanakan pembelajaran yang bersifat konvensional tanpa menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Digital Book Interaktif berbasis Active Learning materi lingkungan sahabat kita pada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar yang teruji rancang bangun, kelayakan dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Subjek dalam penelitian sebanyak 30 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media Digital Book Interaktif berbasis Acitive Learning dinyatakan layak berdasarkan hasil review ahli rancang bangun dengan kualifikasi sangat baik (88,6%); hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,1%); hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90% ); hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (89,2% ); hasil uji perorangan dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (94,2%); hasil uji kelompok kecil dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (91,0%); hasil uji lapangan dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (95,7%). Hasil uji efektivitas menunjukkan thitung sebesar 7,213 untuk dk= 29 dan taraf signifikan 5% ttabel =1,699 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Digital Book Interaktif berbasis Active Learning materi lingkungan sahabat kita pada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar sangat layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Putu Adi Wirasuta, I Wayan Sujana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)