Media Pembelajaran Digital Book Berbasis Active Learning Muatan IPS Materi Lingkungan Sahabat Kita untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • I Putu Adi Wirasuta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.69138

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Digital Book, Active Learning, Muatan IPS

Abstrak

Berkaitan dengan perkembangan teknologi, penggunaan media menjadi salah satu inovasi dalam pembelajaran. Namun, terbatasnya keberadaan media di satuan pendidikan membuat guru lebih cenderung melaksanakan pembelajaran yang bersifat konvensional tanpa menggunakan media pembelajaran.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Digital Book Interaktif berbasis Active Learning materi lingkungan sahabat kita pada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar yang teruji rancang bangun, kelayakan dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Subjek dalam penelitian sebanyak 30 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media Digital Book Interaktif berbasis Acitive Learning  dinyatakan layak berdasarkan hasil review ahli rancang bangun dengan kualifikasi sangat baik (88,6%); hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,1%); hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90% ); hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (89,2% ); hasil uji perorangan dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (94,2%); hasil uji kelompok kecil dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (91,0%); hasil uji lapangan dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (95,7%). Hasil uji efektivitas menunjukkan thitung sebesar 7,213 untuk dk= 29 dan taraf signifikan 5% ttabel =1,699 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Digital Book Interaktif berbasis Active Learning materi lingkungan sahabat kita pada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar sangat layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran.

Referensi

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244.

Anjarwati, S., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2022). Pengembangan Pocket Book Digital Berbasis Project Based Learning Menggunakan GeoGebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. WILANGAN : Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 111–118. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13414.

Arifah, S., Arnidah, A., & Haling, A. (2023). Development of Character Education digital book students class VIII SMPIT Al-Hikmah Pangkajene. Inovasi Kurikulum, 20(2). https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.58633.

Azizah, & Eliza, D. (2023). Pengembangan Digital Book berbasis Budaya Minangkabau untuk Menstimulasi Perkembangan Literasi Anak. Jurnal Obsesi, 7(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4174.

Fajri, J. N., Edwita, & Suntari, Y. (2022). Pengembangan Buku Digital Muatan Pelajaran IPS berbasis Mobile Learning pada Materi Kerajaan-Kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1219–1228. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1918.

Fitrihani, I., Yuhana, Y., Pamungkas, A. S., & V.Y, I. A. (2022). Pengembangan Digital Smart Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(2), 315–326. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i2.251.

Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1060.

Hendrianti, S. D., Hidayat, S., & Suherman. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Materi Identifikasi Karir Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.4089.

Heryandi, Y., & Nur’aini. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Vidio Pembelajaran Untuk Mereduksi Miskonsepsi Matematika. Integral Pendidikan Matematika, 13(1), 13–25. https://doi.org/10.32534/jnr.v13i1.3108.

Hidayati, R. N. (2021). Implementasi Model Assure dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Mi Nurul Hidayah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 131–148. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1829.

Karyada, I. P. F., Wardana, I. P. M. A., & Sanjaya, K. O. (2022). Pengembangan E-Book Tematik Integratif Berbasis Game Sebagai Media Pembelajaran Kearifan Lokal. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 11(1). https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i1.45189.

Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18–25. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305.

Kurniati, T., & Wiyani, N. A. (2022). Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 182. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41411.

Lidia, W., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p081.

Mahrawi, Ratnasari, D., & Oktamita, F. D. (2022). The Development Of Digital Book Media With Learning Contextual Model In Plantae Materials Sub-Concept Bryophyta. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 10(1). https://doi.org/10.22373/biotik.v10i1.10831.

Munir, A., Arief Nur Wahyudi, & Aba Sandi Prayoga. (2021). Pendekatan Model Discovery Learning dalam Keterampilan Teknik Shooting Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2). https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.190.

Muryati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Kimia Dalam Mengelola Pembelajaran Dengan Model Project Based Learning. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.158.

Nugraha, N. (2023). Penerapan Lesson Study Dalam Peningkatan Kompetensi Guru IPS dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 8A SMPN 1 Ngrayun Kab . Ponorogo. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 2(January), 38–49. https://doi.org/10.25273/The.

Nurjamilah, E., Rustini, T., & Herlambang, Y. T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Keragaman Rumah Adat di Inonesia Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(8), 1047–1056. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i8.57489.

Nurjannah, A., Apriliya, S., & Mustajin, A. (2020). Perencanaan pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional sebagai Afirmasi Literasi Budaya di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 47–55. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.25398.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.

Pradani, Y. F., & Aziza, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran dalam Bentuk Buku Digital Interaktif Berbasis Flipbook Bagi Mahasiswa Teknik Mesin. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 4(2), 1–10. https://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5161.

Rahmi, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2021). Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5136–5142. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1640.

Rastal, J., F, A., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201–210. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804.

Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 473–480. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783.

Syahyudin, D. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Gunahumas, 2(1), 272–282. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i1.23048.

Tambunan, H. P., Sitohang, R., & Nasution, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Pada Mata Pelajaran IPS Kelas Rendah. Jurnal Guru Kita, 6(1). https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.32423.

Tubagus Rahman, Nia Kurniasih, & Iis Aisyah. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Tabung Angka Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 2(2), 85–96. https://doi.org/10.54438/joee.v2i2.253.

Utaminingtyas, S. (2020). Implementasi Problem Solving Berorientasi Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2). https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.84-98.

Wijaya, A. M., Arifin, I. F., & Badri, M. IL. (2021). Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri Di Masa Pandemi Dalam Mata Pelajaran Sejarah. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.562.

Wirawan, I. M. P., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2022). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 152–161. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45370.

Zhang, J., Liao, G., & Li, N. (2020). Combining active learning and local patch alignment for data-driven facial animation with fine-grained local detail. Neurocomputing, 398, 431–441. https://doi.org/10.1016/j.neucom.2019.05.102.

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Wirasuta, I. P. A. . (2024). Media Pembelajaran Digital Book Berbasis Active Learning Muatan IPS Materi Lingkungan Sahabat Kita untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(1), 98–107. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.69138

Terbitan

Bagian

Articles