Media Komik Berbasis Pendekatan Karakter untuk Mengurangi Kasus Perundungan di Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Ketut Desia Tristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-9230-6255
  • Komang Sujendra Diputra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.80235

Keywords:

Buku Komik, Media Pembelajaran, Karakter, Perundungan

Abstract

Bullying menjadi isu yang hangat di Indonesia, terutama di lingkungan sekolah. Fenomena ini menuntut peran aktif sekolah dalam menanggulangi bullying melalui strategi yang inovatif, salah satunya dengan menciptakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kesadaran siswa akan bahaya bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku komik berbasis pendekatan karakter yang layak dan praktis digunakan di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development dengan model ADDIE yang melibatkan tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode nontes melalui angket yang melibatkan siswa dan guru, serta validasi ahli media dan materi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku komik berbasis pendekatan karakter memiliki tingkat kelayakan sebesar 88,67% dengan kriteria “Sangat Layak” berdasarkan validasi ahli. Selain itu, tingkat kepraktisan media ini mencapai 92,62% dengan kriteria “Sangat Praktis” menurut tanggapan siswa dan guru. Hasil ini menegaskan bahwa media buku komik berbasis pendekatan karakter tidak hanya layak tetapi juga sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Media ini berpotensi menjadi sarana edukasi efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa akan bahaya bullying dan membentuk karakter positif.

References

Amalia, R., Hendriana, B., & Vinayastri, A. (2021). Pengembangan Media Komik Elektronik untuk Mengurangi Bullying pada Siswa Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2391–2401.

https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.869.

Amka. (2019). Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 86–101.

https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1234.

Andrews, N. C. Z., Cillessen, A. H. N., Craig, W., Dane, A. V., & Volk, A. A. (2023). Bullying and the Abuse of Power. International Journal of Bullying Prevention, 5(3). https://doi.org/10.1007/s42380-023-00170-0.

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93.

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920.

Apostolou, D., & Linardatos, G. (2023). Cognitive Load Approach to Digital Comics Creation: A Student-Centered Learning Case. Applied Sciences (Switzerland), 13(13). https://doi.org/10.3390/app13137896.

Bessette, L. S. (2020). Teaching Comics/Teaching with Comics: A Review of With Great Power Comes Great Pedagogy: Teaching, Learning, and Comic Books. Comics Grid: Journal of Comics Scholarship, 10(1). https://doi.org/10.16995/CG.190.

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6.

Damopolii, I., Paiki, F. F., & Nunaki, J. H. (2022). The Development of Comic Book as Marker of Augmented Reality to Raise Students’ Critical Thinking. TEM Journal, 11(1). https://doi.org/10.18421/TEM111-44.

De Luca Picione, R., Martini, E., Corona, F., Falzarano, M. L., & Cicchella, S. (2022). Bullying and Cyber-Bullying. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-8476-7.ch020.

Dewi, D. A., Furmasari, Y. F., Septianingrum, A. D., & Yunianti, V. D. (2021). Penerapan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Penguat Sikap Bela Negara Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4683–4688.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1550.

Dopo, F. B., & Ismaniati, C. (2016). Persepsi guru tentang digital natives, sumber belajar digital dan motivasi memanfaatkan sumber belajar digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8 280.

Habiddin, H., Ashar, M., Hamdan, A., & Nasir, K. R. (2022). Digital Comic Media for Teaching Secondary School Science. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(3). https://doi.org/10.3991/IJIM.V16I03.28967.

Hava, K. (2019). Exploring the role of digital storytelling in student motivation and satisfaction in EFL education. Computer Assisted Language Learning, 34(7), 958–978. https://doi.org/10.1080/09588221.2019.1650071.

Irawaty, E., Widjaja, E. M., & Sanjaya, J. (2021). Peningkatan Kualitas Belajar Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. Prosiding SENAPENMAS, 985.

https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15131.

Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4204.

Kardinus, W. N., Akbar, S., & Rusfandi. (2022). Implementasi Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 31–40. https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6971.

Lelyani, A. A., & Erman. (2021). Kajian Unsur-Unsur Komik dan Sains dalam Buku Komik Edukasi di Indonesia Sebagai Alternatif Bahan Ajar. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/37036.

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 568–574.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20196.

Miyagawa, K., Morino, Y., & Matsushita, M. (2022). Interactive Visualization of Comic Character Correlation Diagrams for Understanding Character Relationships and Personalities. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 13635 LNCS. https://doi.org/10.1007/978-3-031-21047-1_50.

Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan (Jurnal Matematika Dan Pembelajaran), 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12.

Munawwaroh, E. L., Priyono, B., & Ningsih, M. R. (2018). The Influence of Science Comic Based Character Education on Understanding the Concept and Students’ Environmental Caring Attitude on Global Warming Material. Journal of Biology Education, 7(2). https://doi.org/10.15294/jbe.v7i2.24257.

Murti, D. K., Gunarhadi, & Winarno. (2020). Development of Educational Comic with Local Wisdom to Foster Morality of Elementary School Students: A Need Analysis. International Journal of Educational Methodology, 6(2), 337–343.

https://doi.org/10.12973/ijem.6.2.337.

N.K.S.D. Arsitawati, I.G.P. Suharta, & M. Juniantari. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 9(2). https://doi.org/10.23887/jppmi.v9i2.1690.

Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054.

Qamaria, R. S., Pertiwi, F. H., Mulyani, L. N., Sari, N. N., Harriroh, A., Haq, I. N., Nasihatin, S. S., Erlangga, S. A., Anisahab, A., & Jannah, M. (2023). Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265.

Rahayu, S., & Wicaksono, V. D. (2021). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Edukasi Anti-Perundungan Di Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(1), 75–84. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52567.

Rina, N., Suminar, J. R., Damayani, N. A., & Hafiar, H. (2020). Character education based on digital comic media. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(3), 107–127. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i03.12111.

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2020). Developing Digital Comics as Character Learning Media for Elementary School Students. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(2). https://doi.org/10.17977/um048v26i2p47-53.

Sekarjene, R. A., & Setyasto, N. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Karakter untuk Mengurangi Perilaku Perundungan (Bullying) pada Siswa Kelas V SD Islam Al-Azhar 29. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4376–4386. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/download/7491/3356.

Senen, A., Sari, Y. P., Herwin, H., Rasimin, R., & Dahalan, S. C. (2021). The use of photo comics media: Changing reading interest and learning outcomes in elementary social studies subjects. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(5), 2300–2312. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i5.6337.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor https://doi.org. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171–185. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Sulistyarini, I., Kadarwati, S., Prayitno, E., Raden Mas Said Surakarta, U., Pandawa, J., Kartasura, K., Sukoharjo, K., Tengah, J., Semarang, U., Mangkang Raya Km, J., Wetan, M., Tugu, K., & Semarang, K. (2022). Need analysis of Character Education-Based Digital Comic Instructional Material in English Learning for Elementary School Teachers. Journal on Education, 04(04).

https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2658.

Syarah, E. S., Yetti, E., & Fridani, L. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konservasi Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 231–240. https://doi.org/10.21009/jpud.122.04.

Wibowo, H., Fijriani, F., & Krisnanda, V. D. (2021). Fenomena Perilaku Bullying di Sekolah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 157–166.

https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5888.

Widyastuti, W., & Soesanto, E. (2023). Analisis Kasus Bullying Pada Anak. Capitalis: Journal of Social Sciences, 1(1).

Widyawati, A., Suyanta, Kuswanto, H., & Prodjosantoso, A. K. (2024). E-Comic Based on SETS: A Digital Learning Media to Improve Student’s Character and Critical Thinking Skills. International Journal of Religion, 5(2).

https://doi.org/10.61707/mwpgtt04.

Wuryantari Winasih, W., Yudi Cahyono, B., & Ananto Prayogo, J. (2019). Effect of Project-Based Learning Using E-Poster on Indonesian EFL Students’ Speaking Ability across Personality Types. Arab World English Journal, 10(1), 73–83.

https://doi.org/10.24093/awej/vol10no1.7.

Yonanda, D. A., Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Development of Problem-Based Comic Book as Learning Media for Improving Primary School Students’ Critical Thinking Ability. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.22892.

Yusuf, H., & Fahrudin, A. (2012). Perilaku Bullying: Asesmen Multidimensi Dan Intervensi Sosial. Jurnal Psikologi Undip, 11(02), 1–10.

https://www.researchgate.net/profile/adi-fahrudin/publication/305941596.

Zamora, L. P., Bravo, S. S., & Padilla, A. G. (2021). Production of Comics in POWTOON as a Teaching-Learning Strategy in an Operations Research Course. European Journal of Contemporary Education, 10(1). https://doi.org/10.13187/ejced.2021.1.137.

Zelmiyanti, R., & Anita, L. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Peran Auditor Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan Dengan Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 8(10), 67–76. https://scholar.archive.org/work/hhrdyuovtrbdndol7feq2wu52q/access/wayback/https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jakb/article/viewFile/38/68.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Tristiantari, N. K. D., & Diputra, K. S. (2024). Media Komik Berbasis Pendekatan Karakter untuk Mengurangi Kasus Perundungan di Sekolah Dasar . Indonesian Journal of Instruction, 5(3), 403–412. https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.80235