Media Komik Berbasis Pendekatan Karakter untuk Mengurangi Kasus Perundungan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.80235Keywords:
Buku Komik, Media Pembelajaran, Karakter, PerundunganAbstract
Bullying menjadi isu yang hangat di Indonesia, terutama di lingkungan sekolah. Fenomena ini menuntut peran aktif sekolah dalam menanggulangi bullying melalui strategi yang inovatif, salah satunya dengan menciptakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kesadaran siswa akan bahaya bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku komik berbasis pendekatan karakter yang layak dan praktis digunakan di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development dengan model ADDIE yang melibatkan tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode nontes melalui angket yang melibatkan siswa dan guru, serta validasi ahli media dan materi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku komik berbasis pendekatan karakter memiliki tingkat kelayakan sebesar 88,67% dengan kriteria “Sangat Layak” berdasarkan validasi ahli. Selain itu, tingkat kepraktisan media ini mencapai 92,62% dengan kriteria “Sangat Praktis” menurut tanggapan siswa dan guru. Hasil ini menegaskan bahwa media buku komik berbasis pendekatan karakter tidak hanya layak tetapi juga sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Media ini berpotensi menjadi sarana edukasi efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa akan bahaya bullying dan membentuk karakter positif.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Ketut Desia Tristiantari, Komang Sujendra Diputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)