Metode Modelling the Way Dampaknya terhadap Prestasi Belajar Fikih Siswa

Authors

  • Rizka Fitrahyani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Hasan Asari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.81858

Keywords:

Metode Modelling the Way, Prestasi Belajar, Fikih

Abstract

Prestasi belajar adalah suatu skor yang didapatkan peserta didik ketika sudah melalui proses pembelajaran dengan jangka waktu tertentu. Fakta di lapangan bahwa prestasi belajar peserta didik di MTs 2 PAB Sampali memanglah rendah hal itu disebabkan metode yang guru Fikih terapkan masih monoton. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan informasi mengenai dampak metode Modelling the Way dalam mata pelajaran Fikih terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs PAB 2 Sampali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ialah penelitian kuantitatif yaitu eksperimen semu atau quasi experimental dan desain penelitiannya ialah pretest-posttest control group design. Adapun dalam menentukan sampel penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling yaitu 60 siswa {siswa dari kelas VII-2 (eksperimen) dan siswa dari kelas VII-3 (kontrol)}. Teknik analisis data pada penelitian ialah dengan analisis statistik inferensial. Analisis tersebut dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji T (T-test). Hasil analisis data dengan menggunakan uji T (T-test) didapatkan hasil t hitung > t tabel (2,118 > 2,001) dan juga menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,038 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari prestasi belajar fikih siswa yang diajar menggunakan metode Modelling the Way dengan yang diajar menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, hasil penelitian ialah terdapat dampak metode Modelling the Way dalam mata pelajaran Fikih terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs PAB 2 Sampali.

References

Abduloh, Suntoko, dkk. (2019). Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Asiah, S. (2018). The Values Of Islamic Education In The Tradition Of Tolabalango And Madduta. El Harakah (Terakreditasi), 20(2), 253. https://doi.org/10.18860/el.v20i2.4719.

Asngadi, A. (2021). Penerapan Metode Modelling The Way untuk Meningkatkan Kemampuan Shalat Wajib Siswa. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 1(2), 124–132. https://doi.org/10.51878/educator.v1i2.723.

Firdausi, F. F., Puspitasari, E., & Fajriyah, N. H. (2022). Tinjauan saintifik dan fikih terhadap penggunaan alkohol dalam produk hand sanitizer. Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 4(1), 155–159. https://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/kiiis/article/view/3227.

Ghazali, E. M., Mutum, D. S., & Ariswibowo, N. (2018). Impact of religious values and habit on an extended green purchase behaviour model. International Journal of Consumer Studies, 42(6), 639–654. https://doi.org/10.1111/ijcs.12472.

Halawa, S. A., Harefa, Y., & Zebua, S. (2022). Penerapan Modelling The Way Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 590–597. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.87.

Huerta, M., Goodson, P., Beigi, M., & Chlup, D. (2018). Graduate Students as Academic Writers: Writing Anxiety, Self-Efficacy, and Emotional Intelligence. Tourism Recreation Research, 36(4), 19. https://doi.org/10.1080/07294360.2016.1238881.

Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586.

Kamil, K. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Materi Shalat Jamak dan Qashar Melalui Metode Modeling The Way. EDUCATOR (Directory Of Elementary Education Journal)), 4(1), 62–73. https://doi.org/10.58176/edu.v4i1.971.

Khotimah, H. (2023). Urgensi Kajian Hadis di Indonesia (Pemikiran M. Syuhudi Ismail dan Ali Mustafa Ya’qub). Dirayah: Jurnal Ilmu Hadis, 3(2). http://e-jurnal.stiqarrahman.ac.id/index.php/dirayah/article/view/128.

Lestari, N. A., Hariyono, E., Dwikoranto, D., Prahani, B. K., & Deta, U. A. (2022). Project-based inquiry-science: An innovative learning for thinking, teaching and assessing science-physics. Momentum: Physics Education Journal, 6(1), 86–92. https://doi.org/10.21067/mpej.v6i1.6254.

Mardianti, M. (2021). Factors of decreasing students interest when learning from home. ETUDE: Journal of Educational Research, 1(2), 61–67. https://doi.org/10.56724/etude.v1i2.28.

Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 79–87. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370.

Misbah, A. (2021). Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pesantren. Jurnal Al-Iqtishod, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.30997/jsei.v2i1.269.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060.

Muhammad, U., & Widyanto, A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(1), 36–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jie.v2i1.2939.

Mukrimah, S. S. (2018). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran. Bumi Siliwangi.

Mushfi, M., & Iq, E. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4 . 0 Sekolah Tinggi Islam Blambangan ( STIB ) Banyuwangi Sekolah Tinggi Islam Blambangan ( STIB ) Banyuwangi. Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 09(1), 42–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/773.

Nurhayati, Z. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Modelling The Way dapat Meningkatkan Hasil Belajar Solat pada Siswa Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v8i1.42537.

Pujiastuti, A. U., Mizan, S., & Agustin, I. (2018). Analisis Kemampuan Bahasa Produktif dan Reseptif pada Siswa Tuna Rungu di SDN Inklusi Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat III, 3(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpk/article/view/5743.

Raharjo, D. (2022). Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 Pada Materi Kemandirian Karir Peserta Didik Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Di Smk Negeri 1 Adiwerna Tegal. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 87–104. https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.170.

Rahayu, D. S. (2020). Implementasi Teori Vygotsky dalam Project Based Learning Pada Mata Kuliah Kajian & Pengembangan Bahan Ajar Abstrak. Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya. IImu Pendidikan, 3(1), 370–378. https://eprints.walisongo.ac.id/21117/1/Skripsi_1808086029_Rais_Dzulfikri.pdf.

Rahman, A. N. A., & Panorama, M. (2021). Pesantren Sebagai Solusi Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 895–914. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.321.

Rohmah, A. A., Mu’alimin, & Suhardi, A. (2023). The Use of Snakes and Ladder Media in Developing Students’ Cognitive Development. Journal of Education And Technology, 6(3). https://doi.org/10.29062/edu.v6i3.576.

Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.

Sitepu, H., Ratag, G. A. E., & Siagian, I. T. (2015). Peran Serta Masyarakat Sekolah dalam Pelaksanaan Program Usaha KEsehatan Sekolah di SMP Negeri 1 Manado. Jurnal E-Biomedik, 3(3), 798–804. https://doi.org/10.35790/ebm.3.3.2015.10147.

Siti Fatimah, & Sutrisno. (2022). Pembentukan Akhlak melalui Suri Tauladan Rasullulah pada Anak Usia Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 28–39. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.375.

Stender, A., Schwichow, M., Zimmerman, C., & Härtig, H. (2018). Making inquiry-based science learning visible: the influence of CVS and cognitive skills on content knowledge learning in guided inquiry. International Journal of Science Education, 40(15), 1812–1831. https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1504346.

Sudjana, N. (2020). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (16th ed.). Sinar Baru Algensindo.

Suharman, F., Utami, R., & Dewi, T. M. (2020). Pengembangan Media Modul Pembelajaran Tematik Tema Cuaca Subtema Perubahan Cuaca Untuk Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(2), 1–9. http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/118.

Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling (U. Press (ed.)).

Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677.

Syafrizal, F. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Manajemen Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sd Plus Islam Excellent Bukittinggi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 65–79. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1008.

Syahidah, N. (2015). Metode pembelajaran mind mapping sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa dalam pembelajaran ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 108–117. https://core.ac.uk/download/pdf/33518646.pdf.

Torres-Gastelú, C. A., & Kiss, G. (2016). Perceptions of students towards ICT competencies at the University. Informatics in Education, 15(2), 319–338. https://doi.org/10.15388/infedu.2016.16.

Umah, R., Werdiningsih, W., & Anggraini, Y. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 818–825. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.424.

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245. http://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291.

Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(01), 38–55. https://doi.org/10.26618/jtw.v4i01.2130.

Wong, K. T., bt Osman, R., Goh, P. S. C., & Rahmat, M. K. (2013). Understanding student teachers’ behavioural intention to use technology: Technology acceptance model (TAM) validation and testing. International Journal of Instruction, 6(1), 89–104. https://dergipark.org.tr/en/pub/eiji/issue/5138/70018.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Fitrahyani, R. ., & Asari, H. . (2024). Metode Modelling the Way Dampaknya terhadap Prestasi Belajar Fikih Siswa . Indonesian Journal of Instruction, 5(2), 117–126. https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.81858