Konten E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Bali pada Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Kenny Kusuma Pradita Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ardianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v3i1.31134

Keywords:

E-Learning, Pengembangan, Konten

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran konvensional dan minimnya penggunaan media dalam proses pembelajarn berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-learning pada mata pelajaran Bahasa Bali. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall dengan 10 tahapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil olah data, diperoleh hasil penelitian (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukan konten e-learning berpredikat sangat baik (92%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan konten e-learning berpredikat sangat baik (87%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan konten e-learning berpredikat sangat baik (84%), (d) hasil uji coba perorangan konten e-learning berpredikat sangat baik (94,8%), hasil uji coba kelompok kecil konten e-learning berpredikat sangat baik (96,4%) dan hasil uji coba lapangan konten e-learning berpredikat sangat baik (90,56%) , (e) konten e-learning  yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Bali. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik simpulan bahwa pengembangan e-learning pada mata pelajaran Bahasa Bali mendapatkan kualifikasi sangat baik dan layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

References

Alyoussef, I. Y. (2021). E-Learning Acceptance: The Role of Task–Technology Fit as Sustainability in Higher Education. Sustainability, 13(11), 1–15. https://doi.org/10.3390/su13116450. DOI: https://doi.org/10.3390/su13116450

Anita Azmi, R., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 303–314. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25840.

Anita, R. (2016). Studi Pengaruh Penerapan E-learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 1.

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Astini, Sari, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194.

Darin, H. (2015). Selling E-learning. American Society for Training and Development, 2.

Dhanawaty, N. M. (2019). Perlunya Pembelajaran Bahasa Bali Yang Rekreatif Di Sekolah. JPKS : Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1). https://doi.org/10.31503/madah.v4i2.534. DOI: https://doi.org/10.31503/madah.v4i2.534

Farman, & Chairuddin. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 872–882. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3114. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3114

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.

Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453. DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453

Hignasari, L. V., & Supriadi, M. (2020). Pengembangan E-Learning dengan Metode Self-Assessment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan, 6(2), 206–219. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2476. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2476

Ibezim. (2013). Technologies Needed for Sustainable E-Learning in University Education. Modern Economy, 4(10), 633–638. https://doi.org/10.4236/me.2013.410068. DOI: https://doi.org/10.4236/me.2013.410068

Ismail, S., Suhana, & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2). https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8659. DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8659

Jirasak S.K, Onjaree N. T, J. K. (2015). Elements and Steps of E- Learning Benchmarking Model for Higher Education Institutions. Journal of Computer and Communications, 2(2), 37–41. https://doi.org/10.4236/jcc.2014.22007. DOI: https://doi.org/10.4236/jcc.2014.22007

Jiří Kratochvíl. (2013). Evaluation of e-learning course, Information Literacy, for medical students. The Electronic Library, Emerald, 31(1), 55–69. https://doi.org/10.1108/02640471311299137. DOI: https://doi.org/10.1108/02640471311299137

Kosasi, S. (2015). Perancangan E-learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa. STMIK Pontianak.

Kratochvil, J. (2014). Efficiency of e-learning in an information literacy course for medical students at the Masaryk University. The Electronic Library, Emerald, 32(3), 322-340. https://doi.org/10.1108/EL-07-2012-0087. DOI: https://doi.org/10.1108/EL-07-2012-0087

Kusumantara, K. S., Santyadiputra, G. S., & Sugihartini, N. (2017). Pengaruh E-Learning Schoology Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Dengan Model Pembelajaran SAVI. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 126–135. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.10387. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.10387

Lian, B. (2019). Revolusi Industri 4.0 Dan Disrupsi, Tantangan Dan Ancaman Bagi Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 12 Januari 2019, 2, 364–370.

Mahadewi, L. P. P., Tegeh, I. M., & Sari, G. A. P. P. (2019). Pengembangan Konten E-Learning Prakarya Pada Era Revolusi Industri 4.0. Mimbar Ilmu, 24(2), 194. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21258. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21258

Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515

Ningsih, S. R. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Model Drill Practice Pada Pendidikan Agama. Jurnal Ipteks Terapan, 12(4), 268. https://doi.org/10.22216/jit.2018.v12i4.1674. DOI: https://doi.org/10.22216/jit.2018.v12i4.1674

Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978

Owon, S., & Adi, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 528–541. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318

Pradiatiningtyas, D., & Suparwanto. (2018). E-learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Smk N 4 Purworejo. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.55181/ijns.v7i2.1499.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.

Ramírez-Correa, P. E., Rondan-Cataluña, F. J., Arenas-Gaitán, J., & Alfaro-Perez, J. L. (2017). Moderating Effect of Learning Styles on a Learning Management System’s Success. Telematics and Informatics, 34(1), 272–286. https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.04.006. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.04.006

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01. DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.091.01

Rikizaputra, R., & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 106–118. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3760. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3760

Sari, Y. I., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Mahasiswa Program Beasiswa FLATS di Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3736. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3736

Solfiah, Y., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2021). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910

Soliman, N. (2014). Using E-Learning to Develop EFL Students’Language Skills and Activate Their Independent Learning. Creative Education, 5(10), 752–757. https://doi.org/10.4236/ce.2014.510088. DOI: https://doi.org/10.4236/ce.2014.510088

Sukmadinata, nana syahodih. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdayakarya.

Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas Iv Sd Negeri 1 Blahkiuh Kecamatan Abiansemal. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741

Wiweka, I. N. A., Mahadewi, L. P. P., & Suwatra, I. I. W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Bali Siswa Melalui Multimedia Flashcard Bilingual. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 95–103. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32074. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32074

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Pradita, K. K., Mahadewi, L. P. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2022). Konten E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Bali pada Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Instruction, 3(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/iji.v3i1.31134