Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Melalui Kegiatan Lesson Study dalam Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v4i1.54409Keywords:
Lesson Study, Kompetensi Guru, Pendekatan SaintifikAbstract
Kurang optimalnya pelaksakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik oleh guru berdampak terhadap pelaksanaan serta hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Pendekatan Sintifk Melalui Kegiatan Lesson Study dalam Pembelajaran K13. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS). Dengan subjek penelitian adalah guru-guru yang berjumlah 6 orang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah kompetensi guru dalam menerapkan pendekatan saintifik melalui kegiatan lesson study dalam kurikulum 2013. Pendekatan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa sebagian besar guru belum bisa mengimplementasikan Pendekatan saintifik dalam pembelajaran kurikulum 2013 dengan optimal. Setelah melalui kegiatan Lesson Study, pada siklus I didapatkan hasil sebagai berikut. Kompetensi guru mengimplementasikan Pendekatan sintifik sebesar 63,3%, meningkat menjadi 78,3% pada siklus II. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian melalui kegiatan Lesson Study ternyata dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Pendekatan saintifik dalam pembelajaran kurikulum 2013.
References
Ahmadi, F., & Hamang, M. N. (2017). Penerapan Lesson Study Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pembelajaran Fiqih. ISTIQRA, 4(2).
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099. DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Arthaningsih, N. K. J., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Straymelalui Lesson Studyterhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(4), 128–136. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424.
Atmojo, I. R. W. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engenering, Art And Mathematich (STEAM) Untuk Meningkatkan Kompetensi Paedagogik dan Professional Guru SD Melalui Metode Lesson Study. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/10.20961/jpd.v8i2.44214.
Aulia, J., Zarkasih, Z., & Nova, T. L. . (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 70–76. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9617. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9617
Baharudin, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, 6(1), 1–26.
Dewi, K. R., & Dharsana, I. K. (2020). Penggunaan Teknik Think Pair Share dan Teknik Index Card Match Dalam Lesson Study Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran., 3(2), 248–258. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26554. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26554
Dharsana, G. S., & Sidabutar. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19463. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424
Friantary, H., & Martina, F. (2018). Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 76–95. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202. DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Hastuti, V. Y., Rahayu, T. S., & . W. (2019). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan Saintifik. Jear: Journal of Educational Action Research, 3(2). https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17306. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17306
Heru, H., & Yuliani, R. E. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Blended Learning bagi Guru SMP/MTs Muhammadiyah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.30653/002.202051.279.
Ismail, S., Suhana, & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2). https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8659. DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8659
Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masayarakat, 3(2). https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413. DOI: https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12
Metha Rozhana, K., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355. DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 114–120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151
Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.
Purnamayanti, N. K. D., & Tegeh, I. M. (2020). Teknik Numbered Heads Together dan Teknik Talking Stick dalam Lesson Study Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedaagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 259–268. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26073. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26073
Putra, P. G. N., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19329. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19329
Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2018). Development of Computer-based Interactive Multimedia: Study on Learning in Elementary Education. International Journal of Engineering and Technology, 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384. DOI: https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384
Resti, K. Y., & Alizamar. (2019). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bayang Pesisir Selatan. Jurnal Basicedu, 3(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.43. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.43
Riyoko, E. (2019). Motivasi Siswa Sekolah Menengan Pertama Dalam Pembelajaran Atletik. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(2), 91–95. https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i1.2463. DOI: https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i1.2463
Sarjani, T. M., & Nursamsu. (2020). Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa. BEST: Journal of Biology Education, Science, and Technology, 3(2). https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2808. DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2808
Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200
Siringo-ringo, S., Boiliu, E. R., & Manullang, J. (2021). Studi Deskriptif Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Tingkat SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2020–2035. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1599. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1599
Subhanadri, Hakiki, M., & Sabir, A. (2021). Pelatihan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 2(1). https://doi.org/10.52060/jppm.v2i1.489. DOI: https://doi.org/10.52060/jppm.v2i1.489
Sumar, W. T. (2018). Implementasi Kompetensi Guru Mengelola Kurikulum K13 Dalam Pembelajaran Tematik Di Sdn Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Pedagogika, 9(1), 71–87. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28
Widiasari, N. K. R., & Sumantri, M. (2020). Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilimiah Sekolah Dasar, 4(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25094. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25094
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Dewa Made Mahayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)