Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Implementasi Model Kooperatif Tipe Think Pair Share

Penulis

  • Reni Ayuda Petriah Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Gita Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27820

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI Jasa Boga 3 SMK Negeri 2 tahun pelajaran 2018/2019 melalui implementasi  model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.Tahapan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi. Sedangkan, data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua  siklus I masing-masing adalah 17,67 dan 18,33  dengan kategori tinggi. Pada pertemuan pertama dan kedua siklus II, skor aktivitas belajar siswa masing-masing adalah 20,67 dan 22,33 dengan kategori sangat tinggi. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata-rata hasil evaluasi pada siklus I adalah 74,01 dengan ketuntasan klasikal 62,86% . Sedangkan rata-rata hasil evaluasi pada siklus II adalah 82,71 dengan ketuntasan klasikal 85,71%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi model kooperatif tipe think pair share secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI Jasa Boga 3 SMK Negeri 2 tahun pelajaran 2018/2019.

Biografi Penulis

Reni Ayuda Petriah, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Matematika

I Nyoman Gita, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Matematika

Referensi

Nurkancana, W. dkk. 1983. EvaluasiPendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Nurkancana, W., PPN Sunartono. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Sudjana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Diterbitkan

2020-01-25

Cara Mengutip

Petriah, R. A., & Gita, I. N. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Implementasi Model Kooperatif Tipe Think Pair Share. Indonesian Journal of Instruction, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27820

Terbitan

Bagian

Articles