Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Implementasi Model Kooperatif Tipe Think Pair Share
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27820Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI Jasa Boga 3 SMK Negeri 2 tahun pelajaran 2018/2019 melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.Tahapan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi. Sedangkan, data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua siklus I masing-masing adalah 17,67 dan 18,33 dengan kategori tinggi. Pada pertemuan pertama dan kedua siklus II, skor aktivitas belajar siswa masing-masing adalah 20,67 dan 22,33 dengan kategori sangat tinggi. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata-rata hasil evaluasi pada siklus I adalah 74,01 dengan ketuntasan klasikal 62,86% . Sedangkan rata-rata hasil evaluasi pada siklus II adalah 82,71 dengan ketuntasan klasikal 85,71%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi model kooperatif tipe think pair share secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI Jasa Boga 3 SMK Negeri 2 tahun pelajaran 2018/2019.
Referensi
Nurkancana, W. dkk. 1983. EvaluasiPendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Nurkancana, W., PPN Sunartono. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Sudjana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)