Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi sebagai Dampak Penerapan Model Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v4i1.54410Kata Kunci:
Aktivitas belajar, Hasil belajar, Discovery learningAbstrak
Paradigma pembelajaran yang lebih banyak masih berpusat pada guru berdampak pada rendahnya keaktifan dan hasil belajar biologi peserta didik. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang berpusat pada peserta didik, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning (DL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning (DL). Penelitian ini merupakan jenis penelian tindakan kelas (PTK) yang mengadaptasi model penelitian PTK dari Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang peserta didik. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan lembar observasi dan rubrik penilaian, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi peserta didik pada siklus II, skor klasikal rata-rata aktivitas belajar sebesar 18,9 dengan kategori aktif, dan skor klasikal rata-rata hasil belajar sebesar 82,8 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning (DL) meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi peserta didik.
Referensi
Ahmad, F., & Sari, N. I. (2019). Improvement of Biology Learning Results Through the Application of Problem-Based Instruction Approach Oriented Think Pair Share Learning Model. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 1(1), 88–93. https://doi.org/10.35877/454RI.asci1149. DOI: https://doi.org/10.35877/454RI.asci1149
Amris, F. K., & Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149
Aprelia Dea Ayu, Sunan Baedowi, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar Ilmu, 7(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400.
Ariyantini, K. Y., & Tegeh, I. M. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Powerpoint Pada Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Tema 8. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 250–259. https://doi.org/10.23887/JP2.V5I2.47146. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47146
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019a). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019b). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undikhsa, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.
Dewantara, A. B. J., Sutama, I. M., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20462. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20462
Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Febriani, D., & Suryanti. (2018). Pengaruh Penggunaan Model PBI (Problem Based Instruction) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN WAGE IITaman SIDOARJO. JPGSD, 6(11), 1990–1999. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11672. DOI: https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11672
Fitriyani, W., & Solihati, N. (2022). The Effect of Powtoon-Based Audiovisual Media on Indonesian Language Learning Outcomes. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 148–154. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46996. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46996
Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502
Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a
Hartawan, I. M. (2022). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 93–98. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.45773. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.45773
Hidayah, N., Soeprodjo, & Latifah. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar. Chemistry in Education, 2(1).
Isdayanti, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Adobe Flash Pada Materi Daur Hidup Hewan. JIPP (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran), 4(2), 390–406. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711.
Iswanto, E., Suharmono, R., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Materi Tata Surya Siswa Kelas Vi Semester Ganjil Tahun Pelajaran. Jurnal of Education Technologi and Innovation (JETI), 1(2), 7–20. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2. DOI: https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172
Jayanti, R., & Rahayuningsih, S. (2020). Peran Aplikasi Schoology dalam Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Teks Anekdot. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 25 – 36. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.933. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.933
Kanyesigye, S. T., Uwamahoro, J., & Kemeza, I. (2022). Difficulties in understanding mechanical waves: Remediated by problem-based instruction. Physical Review Physics Education Research, 18(1), 010140. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.18.010140. DOI: https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.18.010140
Komalasari, D. (2019). Kefektifan Model Problem Based Instruction (PBI) dan Model Sinektik dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Sekolah Menengah Pertama. AL-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(1), 52 – 68. https://doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1272. DOI: https://doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1272
Lestari, N. M. C. P., & Sutama, I. M., & Utama, I. D. G. B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Bagi Pebelajar Bipa Pemula Di Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20535. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20535
Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331
Mawaddah, K., Mahanal, S., Gofur, A., & Zubaidah, S. (2020). Scientific and Information Literacy of High School Students. Jurnal Pendidikan Sains, 8(2). https://doi.org/10.17977/jps.v8i2.14056.
Metha Rozhana, K., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355. DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355
Muah, T. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 2 Tuntang - Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p41-53. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p41-53
Oke, A., & Fernandes, F. A. P. (2020). Innovations in Teaching and Learning: Exploring the Perceptions of the Education Sector on the 4th Industrial Revolution (4IR). Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(2), 31. https://doi.org/10.3390/joitmc6020031. DOI: https://doi.org/10.3390/joitmc6020031
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898
Pramestika, N. P. D., Wulandari, I. G. A. A., & Sujana, I. W. (2020). Enhancement of Mathematics Critical Thinking Skills through Problem Based Learning Assisted with Concrete Media. Journal of Education Technology, 4(3), 254. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.25552. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.25552
Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430
Putri, F. W., Hartati, T., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 155–166. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22916. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12463
Putri, I. S., & Agustyaningrum, N. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dan Snowball Throwing Ditinjau Dari Hasil Beljar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 51 Batam. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 97 – 103. https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.251. DOI: https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.251
Putri, R. D. P., & Suyadi. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442
Rahmadani, & Taufina. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.465. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465
Ramadhani, R. H. D., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Penilaian Ranah Sikap Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.42804. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.42804
Rosmiati, U., & Lestari, P. (2021). Inovasi Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbasis Whatsapp Sebagai Langkah Solutif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 188 – 197. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708
Sujana, D. M. A., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 320–331. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36865. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36865
Suprianto, E. (2019). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 22–32. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810
Susanti, Y. (2018). Kritik Sosial dalam Teks Anekdot Karya Siswa Kelas X MA Bilingual Batu. Basindo: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 2(2), 147 – 156. https://doi.org/10.17977/um007v2i22018p147.
Wibawa, I. B. M. P., Sutama, I. M., & Yasa, I. N. (2019). Analisis Struktur Dan Kebahasaan Buku Mohammad Hattadan Relevansinya Dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi Di Kelas X Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20478. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20478
Widyaningsih, N., & Triyanto, T. (2021). Tinjauan Filsafat Pengembangan Media Blog Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 662 – 667. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1156. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1076
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 I Ketut Subudi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)