Implementasi Supervisi Akademik Teknik Kunjungan Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran

Penulis

  • I Ketut Wartaya SD Negeri 1 Penuktukan, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60838

Kata Kunci:

Supervisi Akademik, Kunjungan Kelas, Kemampuan Guru

Abstrak

Kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran adalah guru belum menguasai RPP yang disusun, guru belum mampu mengajar dengan pendekatan tematik, guru belum mampu memilih metode dan media yang tepat dengan karakteristik siswa maupun materi pembelajaran, guru belum menguasai teknik penilaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SD dalam melaksanakan proses pembelajaran setelah diimplementasikannya supervisi akademik teknik kunjungan kelas. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan dua siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru SD yang berjumlah 9 orang. Data diperoleh melalui observasi dengan menggunakan instrumen observasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada sijklus I sebesar 63,72, setelah tindakan terjadi peningkatan menjadi 70,96 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 79,74. Simpulan bahwa implementasi supervisi akademik teknik kunjungan kelas dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran di SD. Implikasi penelitian ini diharapkan guru hendaknya mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

Referensi

Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 87–93. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16

Arief, M. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan Rpp Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Di Sd Negeri 0102 Barumun. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.594. DOI: https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.594

Ballu, S. S., Manu, L., & Meha, A. M. (2021). Analisis Peran Supervisi Akademik Kepala Sekolah Kepada Guru IPA DI SMP Negeri 20 Kupang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.161. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.161

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. CV ANDI OFFSET.

Faizatun, F., & Mufid, F. (2020). Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru (Studi Multi Kasus Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pati). QUALITY, 8(2), 241–268. https://doi.org/10.21043/quality.v8i2.8097. DOI: https://doi.org/10.21043/quality.v8i2.8097

Ismini, K. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan Di SDN 4 Sumberrejo Kab. Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 177 – 194. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940

Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sman 1 Cikarang Utara Dan Man Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19861. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19861

Jimat, I. M. (2022). Kegiatan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Journal of Education Action Research, 6(4), 466–474. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45874.

Jimat, I. M. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Scientifik Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Teknik Bimbingan Berkelanjutan. Journal of Education Action Research, 6(3), 417–424. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45857. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45874

Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2018). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 263–269. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9620. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9620

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12

Kusumawati, G. A. (2020). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 226–231. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24984. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24984

Leniwati, L., & Arafat, Y. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 106–114. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158

Nurhamidah.I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogi Guru Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1). https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p027. DOI: https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p027

Nurtaniati, L. N. (2018). Studi Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Pengawas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1924.

Puluhulawa, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Produktif Melalui Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Popayato. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 31 – 38. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.31-38.2019. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.31-38.2019

Putriasih, N. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 185–191. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874

R, D. S. M., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata di SD. Mimbar Ilmu, 26(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39617. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39617

Raksa, M. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru SD Melalui Implementasi Supervisi Klinis. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 143–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24599.

Rochimah, H., Rugaiyah, R., & Ahmad, M. (2018). Supervisi Kepala Sekolah dan Konsep Diri Dalam Disiplin Kerja Guru PNS di SMP Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.18539. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.18539

Sanoto, H. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Supervisi Akademik selama Pandemi COVID-19 di Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.858. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.858

Santiari. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149

Sauri, A. S., Widyasari, W., & Sesrita, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. TADBIR MUWAHHID, 2(1), 73. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1160. DOI: https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1160

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Guru Sekolah Dasar, 4(2), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461

Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 13–21. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.216.

Supriadi, B. (2019). Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 1. https://doi.org/10.24014/ijiem.v2i1.7120. DOI: https://doi.org/10.24014/ijiem.v2i1.7120

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan peran guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758

Suwartini, erni agustina. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 62–70. https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.8294. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.8294

Ulum, M. B., Sarwoko, E., & Yuniarinto, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru: Peran Mediasi Motivasi Kerja. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 299 – 307. https://doi.org/10.17977/um027v3i42020p299. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i42020p299

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Diterbitkan

2023-05-01

Cara Mengutip

Wartaya, I. K. . (2023). Implementasi Supervisi Akademik Teknik Kunjungan Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran . Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 93–104. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60838

Terbitan

Bagian

Articles