Metode Demonstrasi dan Pemberian Tugas Berbantuan Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Matematika) Siswa Kelas I

Penulis

  • Ni Luh Sriastini SD Negeri 1 Les, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60858

Kata Kunci:

Metode Demonstrasi, Pemberian Tugas, Media Sederhana, Hasil Belajar

Abstrak

Rata-rata hasil belajar muatan pelajaran Matematika masih tergolong kurang. Hal ini perlu mendapat perhatian serius. Guru sebagai pelaku pendidikan harus bertanggung jawab untuk memperbaiki agar pembelajaran dapat mencapai  tujuan dengan baik. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik (muatan Matematika) siswa kelas I SD melalui penerapan metode demonstrasi dan pemmberian tugas berbantuan media sederhana.  Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas I SD  yang jumlahnya 28 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 62,14% yang tergolong kurang, siklus I sebesar 68,93% yang tergolong cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 77,86% yang tergolong baik. Simpulan bahwa penerapan metode demonstrasi dan pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan Matematika) siswa  kelas I SD. Hal ini dilihat dari persentase Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi melalui metode demonstrasi dan penugasan, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Referensi

Ambussaidi, I., & Yang, Y.-F. (2019). The Impact of Mathematics Teacher Quality on Student Achievement in Oman and Taiwan. International Journal of Education and Learning, 1(2), 50–62. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i2.39. DOI: https://doi.org/10.31763/ijele.v1i2.39

Andel, S. A., de Vreede, T., Spector, P. E., Padmanabhan, B., Singh, V. K., & Vreede, G. J. de. (2020). Do social features help in video-centric online learning platforms? A social presence perspective. Computers in Human Behavior, 113(April), 106505. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106505. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106505

Arianti, Wiarta, & Darsana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765

Arina, N. K. S. A., & Parmiti, D. P. (2021). Validitas Video Pembelajaran Topik Jarak dan Kecepatan pada Pembelajaran Matematika SD.,. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 229–237. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36181. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36181

Astawa, I. B. M. (2022). Peningkatan Spatial Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi melalui Metode Demonstrasi Berpendekatan Kontekstual. Journal of Education Action Research, 6(2), 242–251. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45526. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45526

Baya’a, N., Daher, W., & Anabousy, A. (2019). The Development of In-Service Mathematics Teachers’ Integration of ICT in a Community of Practice: Teaching-in-Context Theory. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(1), 125–139. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i01.9134. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v14i01.9134

Bayu, I. M. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Belajar Siklus Air Melalui Video Demonstrasi Dengan Media Konkret. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(2), 248–257. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990

Bayuni, K. H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3), 276–281. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/30952

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. CV ANDI OFFSET.

Dapiha, D. D. (2019). “Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas.” Jurnal PGSD, 12(1), 22–27. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.22-27. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.22-27

Dara Asshofi, M. P., & Damayani, A. T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881

Dita, M. A. D. P., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2022). Buku Ajar berbasis Problem Based Learning dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kidal Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(3), 534–544. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.42934. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.42934

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2020). The Conceptual and Hypothetical Model of Interactive Blended Problem Based Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 285. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.24162. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.24162

Fonda, A., & Sumargiyani. (2018). The Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro For Xi Grade Of Senior High School Students. Journal of Mathematics Education, 7(2), 109–122. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122. DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122

Gumay, O. P. U., & Bertiana, V. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MA Almuhajirin Tugumulyo. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(2), 96–102. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272. DOI: https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272

Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418

Karjiyati, V. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 146–154. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.146-154. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.146-154

Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. . (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 253–260. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19411.

Muqoddas, I., Widyasari, & Istianah. (2017). Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Ipa Tentang Perkembangbiakan Vegetatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 110–117. https://doi.org/10.30997/dt.v2i1.

Murphy, C., Tineh, A. A., Calder, N., & Mansour, N. (2021). Teachers and students’ views prior to introducing inquiry-based learning in Qatari science and mathematics classrooms. Teaching and Teacher Education, 104, 103367. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103367. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103367

Sari, D. P., Caswita, & Bharata, H. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(11), 1–13. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21864.

Sari, N. L. S. D., Sudana, D. N., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh VCT Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar PKN. Journal of Education Technology, 3(2), 49–57. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701

Suardana, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270–277. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17974. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17974

Sulistyanti, L., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dipadukan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1137. DOI: https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1137

Suriyana, & Novianti, M. (2021). Mathematics terhadap Hasil Belajar pada Meteri Dimensi Tiga SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4049–4056. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1199. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1199

Susiyanti, E. (2017). Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Nyata untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Struktur Akar Pada Siswa Kelas IV SDN 11 Tebatkarai Kabupaten Kepahiang. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 18–21. https://doi.org/10.1016/j.addr.2018.07.012. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.18-21

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Yuniarti, A., & Radia, E. H. (2021). Development of Comic Mathematics Teaching Materials on Flat-Building Material to Increase Reading Interest in Class IV Elementary School Students. Journal of Education Technology, 4(4), 415. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.30034. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.30034

Diterbitkan

2023-05-01

Cara Mengutip

Sriastini, N. L. . (2023). Metode Demonstrasi dan Pemberian Tugas Berbantuan Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Matematika) Siswa Kelas I. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 57–65. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60858

Terbitan

Bagian

Articles