Model Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Media Gambar Berpengaruh Terhadap Kemampuan Literasi Bahasa Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.63279Kata Kunci:
Cooperative Integrated Reading and Composition, Media Gambar, Kemampuan Literasi BahasaAbstrak
Kemampuan literasi bahasa siswa masih tergolong rendah, karena kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran membaca, dan penggunaan model pembelajaran yang masih belum tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media gambar terhadap kemampuan literasi bahasa siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV SD dari 5 sekolah yang telah dinyatakan setara dan terpilih 2 sekolah yang berjumlah 62 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis hipotesis diperoleh bahwa thitung sama dengan 5,2780 lebih besar ttabel sama denngan 2,0003 dengan dk 60 pada taraf signifikan 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media gambar berpengaruh terhadap kemampuan literasi bahasa siswa kelas IV SD. Implikasi penelitian ini guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan iklim kelas yang kondusif, untuk memudahkan siswa dalam memahami proses pembelajaran yang telah di ajarkan.
Referensi
Ambarawati, N. L. M., & Ardana, I. K. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran (CIRC) Berbantuan Scramble Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 61–69. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24579.
Aminah, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis al Qur’an pada Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 177–196. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.177-196.
Antoro, B., Boeriswati, E., & Leiliyanti, E. (2021). Hubungan Antara Kegiatan Literasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 107 Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 145–157. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2394.
Aprilentina, Fahrurrozi, Anwar, M., & Wicaksono, J. W. (2020). Penggunaan Metode Circ Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 173–182. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2715.
Apriliana, A. C., & Hartati, T. (2021). The Influence Of Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Model On Elementary Students’ Literacy. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 31. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8091.
Budiasa, P., & Gading, I. K. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(2), 253–263. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26526.
Budiharto, Triyono, & S. (2016). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166. https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/888.
Cecep Kustandi, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Prenada Media.
Dewi, D. K., & Haryadi, H. (2022). Pengaruh Model CIRC terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Kelas IV SD. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 247–258. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4278.
Dwiyanti, L., & Khan, R. I. (2020). The Influence of Hello Book Media on Early Childhood Language Skills. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(4), 656–665. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.28485.
Ekayani, N. L. P., Arini, N. W., & Jayanta, I. N. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Kemampuan Membaca Intensif. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2), 120–127. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19467.
Eliantari, N. P. R., Kristiantari, M. R., & Sujana, I. W. (2020a). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Circular Card Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 23. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24780.
Eliantari, N. P. R., Kristiantari, M. R., & Sujana, I. W. (2020b). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 23. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24780.
Febriyanto, B. (2021). Model Pembelajaran CIRC. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5(2), 2013–2015.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633.
Hidayah, N., Akib, E., & Arif, T. A. (2022). Pengaruh Pendekatan Literasi dengan Teknik 6M Berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Cerita Narasi dan Kemampuan Bercerita Kelas III. Jurnal Basicedu, 6(6), 9640–9649. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4064.
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118.
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106.
Jayadi, U. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Menemukan Kalimat Utama Pada Siswa Kelas IV SDN 22 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Berajah Journal, 1(1), 21–42. https://doi.org/10.47353/bj.v1i1.2.
Kesumadewi, D. A., Gede Agung, A. A., & Rati, N. W. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(2), 303–314. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25524.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261.
Lukman Hakim, A., Anggraini, Y., Fitriani, R., & Haqiqi, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Sejarah. Islamic Studies, 3(2), 131–136. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF.
Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Proses. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(2), 158–163. https://doi.org/10.26858/retorika.v9i2.3806.
Mariadeni, K. E., Suarni, N. K., & Putrayasa, I. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Dan Hasil Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2692.
McGowan, U. (2018). Integrated academic literacy development: Learner teacher autonomy for MELTing the barriers. Journal of University Teaching and Learning Practice, 15(4). https://doi.org/10.53761/1.15.4.6.
Mukholifah, E. P., & Marlina, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC dengan media Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Konferensi Ilmiah Dasar, 3. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3104%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/viewFile/3104/2444.
Nasution, T. N., Netriwati, N., & Dewi, N. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC dengan Strategi MURDER Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sungkai Utara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1992–2000. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.679.
Ni Made Rusniasa, Nyoman Dantes, & Ni Ketut Suarni. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri I Penatih. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.258.
Ningrum, A. S., Salminawati, S., & Rambe, R. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Compotision) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV Min 4 Medan. Nizhamiyah, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.30821/niz.v10i1.731.
Rai Sawitri, N. N., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbasis Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa. Mimbar Ilmu, 23(2), 61–67. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16420.
Rizal, M., Suyono, S., & Harsiati, T. (2021). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Metasintesis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(12), 1827–1836. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i12.15153.
Rufaidah, F. K., & Ekayanti, A. (2022). Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Motivasi Belajar & Kemampuan Pemecahan Masalah. Edupedia, 5(2), 202. https://doi.org/10.24269/ed.v5i2.1005.
Santika, Y. M., Kurniaman, O., & Antosa, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V Sd Negeri 003 Pulau Kopung Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 306–312. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i2.6355.
Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324.
Sari, W. A. (2020). keefektifan Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Kemampuan Menentukan Kalimat Utam Siswa Kelas IV SDN Gugus Sarwendo Kabupaten Pati. Universitas Negeri Semarang.
Siyoto Sandu. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Suci, A. I., & Yamin, M. (2022). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa. Journal of Elementary School (JOES), 5(1), 97–105. https://doi.org/10.31539/joes.v5i1.3967.
Sudiarni, N. K, & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087
Sudiarni, Ni Kadek, & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., Vebryanti, V., Tesaniloka, P., & Melinda. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 127–132. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816.
Ujang S.Hidayat. (2016). Model-Model Pembelajaran Efektif. Bina Mulia Publishing.
Utami, S. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 137. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5346.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ni Nyoman Kurniyanti Putri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)