Model Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity Berbantuan Media Gambar Berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.63283Kata Kunci:
DRTA, Kemampuan Membaca Pemahaman, Media GambarAbstrak
Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami bacaan dibuktikan dengan siswa kesulitan ketika menentukan ide pokok dan juga siswa masih kesulitan ketika menyimpulkan bacaan yang dibaca menggunakan kata-kata sendiri, baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media gambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian bentuk non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD. Seluruh populasi disetarakan menggunakan uji Anava, setelah dinyatakan setara maka dilanjutkan pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, kelompok eksperimen yaitu kelas VB berjumlah 33 orang siswa dan kelompok kontrol yaitu kelas VA di SD berjumlah 32 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes bentuk pilihan ganda berjumlah 25 soal. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil uji-t didukung oleh perbedaan nilai rata-rata kedua kelompok sampel, maka dapat diketahui terdapat perbedaan yang signifikan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran DRTA berbantuan media gambar dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran DRTA. Disimpulkan bahwa model pembelajaran DRTA berbantuan media gambar berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman siswa kelas V SD.
Referensi
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298.
Annida, A. I., Slamet, S. Y., & Winarni, R. (2018). the Effect of Directed Reading Thinking Activity (Drta) Learning Strategy and Reading Interest for Reading Comprehension Ability. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 62–69. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23454.
Ariawan, V. A. N., Utami, N. T., & Rahman, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3529.
Astari, N. W. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Keterampilan Membaca Cepat Siswa. Journal of Education Technology, 3(2), 119. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21716.
Debyo, L. D., Putra, D. B. K. N. S., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Directed Reading Thingking Activity Terhadap Keterampilan Membaca. International Journal of Elementary Education, 2(3), 273. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15968.
Dewi, N. P. Y. P., Ganing, N. N., & Abadi, I. B. G. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. International Journal of Elementary Education, 2(3), 219. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15961.
Edwin, L. D., Gunayasa, I. B. K., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Gunung Sari. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 10–18. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/4%0Ahttp://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/710.
Fauziah, H. (2018). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Mi. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1241.
Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Bale Aksara, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.31980/ba.v1i1.737.
Ganing, N. N. (2020). Buku Ajar Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa PGSD FIP UPP Denpasar. Universitas Pendidikan Ganesha.
Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2023). Animation Video Media Using Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Strategies Improve Reading Understanding of Indonesian Language. International Journal of Elementary Education, 7(2), 178–186. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i2.61717.
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493.
Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 396–401. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365.
Hayyuningtyas, K., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Dan Ispring Di Android Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Ipa Di Kelas 3 Sd. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 61–69. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i1.4804.
Hidayah, N., Akib, E., & Arif, T. A. (2022). Pengaruh Pendekatan Literasi dengan Teknik 6M Berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Cerita Narasi dan Kemampuan Bercerita Kelas III. Jurnal Basicedu, 6(6), 9640–9649. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4064.
Hidayana, S., Pateda, L., Pautina, A. R., Fitk, P., Sultan, I., Gorontalo, A., Fitk, P., Sultan, I., Fitk, P., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 11 Limboto. EDUCATOR (Directory of Elementary Education Journal), 2(1), 54–76. https://www.e-journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/educator/article/view/344.
Johan, G. M., & Ghasya, D. A. V. (2018). Pengembangan Media Literasi Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahamman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 184–198. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/945
Kara, Y. M. D. K., & Doi, M. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inovatif Directed Reading and Thinking Activity ( DRTA ) dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 4(1), 59–68. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/134%0A.
Karakaita Putri, P. N. A., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17762.
Kartini, K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Drta (Directed Reading Thinking Activity) terhadap Kemampuan Membaca Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Palopo. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 227–232. https://doi.org/10.53769/deiktis.v1i2.205.
Krismonika, E. (2020). Pengaruh strategi DRTA terhadap kemampuan membaca. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 321–325.
Kurniaman, O., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengaruh Strategi Membaca Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Siswa Sekolah Dasar. SEJ (School Education Journal), 9(3), 221–230. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i3.12958.
Nathalia Angelina, G., & dkk. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman Dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32453.
Ningrum, Y., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Compotition Siswa Kelas 4 SD. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 11(1), 43–54. https://doi.org/10.31603/edukasi.v11i1.2682.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719.
Pranata, E. A., Christiana, E., & Chun – I, K. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Karakter Hanzi Runner Divisi China Wedding Di Perusahaan Varawedding. Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture, 6(2), 18–29. https://doi.org/10.9744/century.6.2.18-29.
Putri, P. N. A. K., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media flip chart terhadap keterampilan membaca pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17762.
Putri, S., & Tegeh. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.
Rahayu, R. A., Riyadi, A. R., & Hartati, T. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 46–56. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i2.14068.
Sefrianah, N. A., Suyono, & Andajani, K. (2018). Pengaruh strategi DRTA terhadap kemampuan berfikir kritis siswa jenjang SD, SMP, dan SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 229–237. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10527.
Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874.
Solahudin, D. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1404–1409. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5465.
Sulhan, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS “Keragaman Sosial, Budaya, Ekonomi, Etnis dan Agama.” Journal of Education Action Research, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23661.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Utami, Y. S. (2020). Research & Learning in Primary Education Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 104–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.607.
Wijaya, P. A., & Zulaeha, I. (2021). The Influence of Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Strategy and Know-Want to Know-Learned (KWL) Strategy on Reading Comprehension Skills. Journal of Primary Education, 10(3), 284–296. https://doi.org/10.15294/JPE.V10I3.44381.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ni Putu Enimelia Putri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)