Dampak Metode Outing Class Learning Berbantuan Media Lingkungan Hidup Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Kelas IV

Penulis

  • Ni Ketut Suciati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.65961

Kata Kunci:

Kompetensi Pengetahuan, Media Lingkungan Hidup, Outing Class Learning, IPAS

Abstrak

Kompetensi pengetahuan peserta didik dan minat belajarnya masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya yakni guru hanya terfokus kepada kemampuan siswa untuk mengingat dan menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode outing class learning berbantuan lingkungan hidup terhadap kompetensi pengetahuan IPAS Di Kelas IV. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimenr design) dengan rancangan desain penelitian bentuk Nonequivalent Control Group Design dengan populasi siswa kelas IV SD yang berjumlah 208 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes bentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis hipotesis diperoleh thitung sama dengan 7,563 lebih dari ttabel sama dengan 2,015 berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dengan dk sama dengan  44 (n1+n2-2), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Simpulan penelitian menunjukkan metode outing class learning berbantuan media lingkungan hidup berpengaruh terhadap kopetensi pengetahuan IPAS siswa di SD. Implikasi penelitian merupakan metode pembelajaran outing class learning ini  tidak hanya digunakan untuk pembelajaran dengan muatan IPAS saja, melainkan dapat digunakan untuk muatan pembelajaran lainnya.

Referensi

Amalia, S., Mun’im, A., & Yunus, S. R. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 15 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu, 2(1), 46–56. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11154.

Arianti, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 30–38. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15335.

Candra Dewi, N. K. S. A., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh Model Team Games Tournament Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 174. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26434.

Christiawati, N. M. D., & Darsana, I. W. (2020). Pengaruh Model Situation-Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 4(1), 112. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24390.

Dewi, A. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 154–161. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15371.

Dewi, N. P. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 113. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15389.

Diantari, K. A., Suniasih, N. W., & Ardana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv Sdn Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Journal of Education Technology, 1(2), 198–203. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12505.

Dwipayani, N. K. N., Wulandari, I. G. A. A., & Semara Putra, D. B. K. N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Couple Card terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa Kelas IV. Fondatia, 7(1), 191–199. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3118.

Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767.

Khasanah, A. U., & Tirtoni, F. (n.d.). The Influence of Character Education-Based Comic Media on Learning Outcomes in Class IV Civics Learning Pengaruh Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran PKn Kelas IV. 1–6. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0003-1260-930X.

Kholifatur Rosidah, & Agung Purwono. (2022). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Word Search Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Muatan IPA Materi Siklus Hidup di MI Setia Bhakti Trawas. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), 191–199. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.309.

Kumala Dewi, N. L. E., Semara Putra, D. K. N., & Sri Asri, I. G. A. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Outdoor Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas V. Mimbar Ilmu, 23(1), 73–82. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16409.

Mar’ah, M., & Devi, W. S. (2022). Pengaruh Metode Pancing Kata Kunci terhadap Kemampuan Menulis Puisi Berbantuan Media Karikatur pada Kelas X. Arus Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i1.45.

Muliadi, M. (2022). Pengaruh Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Lingkungan pada Kelas VI SD Negeri 3 Mendawai. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 99. https://doi.org/10.52947/meretas.v9i2.315.

Pramita Dewi, N. M. D., Surya Abadi, I. G., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Mimbar Ilmu, 23(1), 129–138. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16405.

Pransisca, M. A., & Gazali, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus I Masbagik Selatan Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(5), 58–69. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.83.

Prasetyawati, N., Himawan, R., & Suwarto, T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Pengetahuan Orang Tua Dengan Perilaku Sibling Rivalry Pada Anak Usia Toddler (1-3 Tahun) Di Paud Desa Dema’an Kota Kudus. Indonesia Jurnal Perawat, 5(2), 14. https://doi.org/10.26751/ijp.v5i2.1350.

Purnawan, I. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15404.

Rai Sawitri, N. N., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbasis Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa. Mimbar Ilmu, 23(2), 61–67. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16420.

Romaliyana, R. Y., Putra, M., & Sujana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flipchart Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V. Media Komunikasi FPIPS, 18(1), 22–32. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i1.22235.

Rositayani, N. P. E., Putra, D. B. K. N. S., & Abadi, I. B. G. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning in Science berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 338. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16150.

Sanistyasari, I. G. A. N., Putra, M., & Suniasih, N. W. (2019). Pengaruh Metode Karyawisata Fantasi Di Lingkungan Sekolah Berbantuan Media Majalah Dinding Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874.

Srimaharani, N. N. C., Ayu Wulandari, I. G. A., & Putra, D. B. K. N. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Flash Card terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa IV SD. Journal on Education, 5(3), 9922–9929. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1873.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulasriani, D., Samawi, A., Sunarti, L., & Laksanawati, E. (2023). Penggunaan LKPD IPAS Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengaruh Gaya Terhadap Benda Peserta Didik Kelas IV SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5077–5092. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8419.

Swastika, B. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Kereta Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD. Borobudur Educational Review, 1(02), 30–35. https://doi.org/10.31603/bedr.5684.

Syaripatunisa, V., Azizah, N., Saputra, A., & Aprily, N. M. (2023). Implementasi Pembelajaran IPS Melalui Outing Class di TK Wanita Pui. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 447–453. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2336.

Utami, F. (2020). Pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.314.

Wati, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 56–64. https://doi.org/10.31605/ijes.v5i1.1834.

Wibawa, P. N., & Sri Asri, I. G. . A. (2020). Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 334. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27353.

Zaky, N., Setiawan, D., & Sriadhi, S. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Media Video terhadap Minat dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V. Jurnal Basicedu, 6(5), 7958–7969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3586.

Diterbitkan

2023-09-25

Cara Mengutip

Suciati, N. K. . (2023). Dampak Metode Outing Class Learning Berbantuan Media Lingkungan Hidup Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Kelas IV. Indonesian Journal of Instruction, 4(3), 230–239. https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.65961

Terbitan

Bagian

Articles