Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa

Authors

  • Fella Silkyanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941

Abstract

Sekolah perlu menyadari keberadaan peran budaya sekolah akan memengaruhi dalam pembentukan karakter pada siswa. Dengan adanya berbagai penyimpangan karakter pada siswa, diharapkan melalui budaya sekolah siswa dapat membentuk karakter melalui suatu pembiasaan yang dilakukan disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Budaya Sekolah Yang Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Muhammadiyah 17 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik penelitian yang dilakukan adalah melalui wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi.  Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Budaya sekolah religius di SD Muhammadiyah 17 Semarang setiap harinya meliputi budaya senyum, salam, sapa, sopan dan santun atau 5S, do’a bersama, hafalan, TPQ, sholat dhuha dan sholat dhuhur. 2) Metode atau langkah dalam membentuk karakter melalui keteladanan dan pembiasaan. 3) Karakter yang dihasilkan adalah religius, disiplin, toleransi, bersahabat, dan tanggung jawab. Dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa peran budaya sekolah religius dapat membentuk karakter pada siswa.

 

Kata kunci: Budaya Sekolah Religius, Karakter

References

Choirul Fuad Yusuf. 2008. Budaya Sekolah dan Mutu Pendidikan. Jakarta. PT Pena Citasatria.

Daryanto. 2015. Pengelolaan budaya dan iklim sekolah.Yogyakarta:Penerbit Gava Media

Fathurrahman, Muhammad. 2015. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan praktik konstektualisasi Pendidikan Agama di Sekolah. Yogyakarta: Kalimedia

Indonesia. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, UU No.20 Tahun 2003. Jakarta: Sekertariat Negara.

Pradana, Yudha. 2016. Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 2541-6693.

Jalaludin. 2012. Membangun SDM Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan | Vol. 13 No. 2 Hal. 1-14.Tersedia Pada : http://jurnal.upi.edu/file/jalaludin.pdf.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. http://kbbi.web.id/peran. Pada tanggal 10 November 2018 pukul 20:46 WIB.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. https://kbbi.web.id/analisis. Pada tanggal 10 November 2018 pukul 20:50 WIB.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. https://kbbi.web.id/karakter. Pada tanggal 10 November 2018 pukul 20:57 WIB.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2017. Pendidikan Karakter.Kata Pena.

Marzuki. 2017. Pendidikan karakter islam. Jakarta: Amzah.’

Najib, Muhammad, Novan Ardi Wiyani dan Solichin. 2016. Manajemen Strategik Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Hal. 464-468. Tersedia Pada : https://media.neliti.com/media/publications/270930-pentingnya-pendidikan-karakter-dalam-dun-f6628954.pdf.

Sahlan, Asmaun. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN Maliki Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alf abeta.2.

Teng, H. Muhammad Bahar Akkase. 2017. Filsafat Kebudayaan dan Sastra (dalam Perspektif Sejarah). Jurnal Ilmu Budaya Volume 5, Nomor 1, Hal.69-75. Tersedia Pada : https://media.neliti.com/media/publications/163193-ID-filsafat-kebudayaan-dan-sastra-dalam-per.pdf.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.

Wibowo. 2013. Budaya Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wiyani, Novan Ardy.Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi.Jakarta: Prenamedia Group.

Yusuf, Muhammad. 2013. Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Berbasis Nilai. Jurnal Al-Ulum Volume. 13 Nomor 1, Hal 1-24. Tersedia Pada : https://media.neliti.com/media/publications/195591-none-2437bc9a.pdf.

Zazin, N. 2014. Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

How to Cite

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941

Issue

Section

Articles