Nilai Pendidikan Karakter dalam Dialog Tokoh Cenk-Blonk dalam Lakon Gatutkaca Duta dan Penerapannya Oleh Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Pt. Agus Suyasa Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nengah Suandi Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i2.20317

Keywords:

pendidikan karakter, penerapan pada pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) nilai pendidikan karakter dalam dialog tokoh Cenk dan Blonk dalam wayang Cenk Blonk berjudul Gatutkaca Duta, dan (2) Mendeskripsikan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam dialog tokoh Cenk dan Blonk oleh guru di SMP 3 Denpasar baik dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. .Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VII, VIII, dan IX SMPN 3 Denpasar, dan objek penelitian ini adalah dialog-dialog tokoh Cenk dan Blonk yang bernilai pendidikan karakter dan alternatif materi pembelajaran nilai-nilai pendidikan karakter dalam dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi (untuk memeroleh data dialog tokoh Cenk dan Blonk), observasi (untuk memeroleh data alternatif materi pembelajaran nilai-nilai pendidikan karakter dalam dialog tokoh Cenk dan Blonk oleh guru di SMP 3 Denpasar baik dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran), dan metode wawancara (untuk memeroleh data hambatan guru dalam menerapkan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia).Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

 

 

References

Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Araska.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013, Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiah.Jakarta ; Kemendikbud.

Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Bahan Pelatihan Pengantar Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta; Kemendikbud.Alfabeta.

Sukalima, AG. 2013. Upaya menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Puisi Di Kelas X SMA Negeri 3 Singaraja. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Volume 2 Tahun 2013.

Tohir.http//www.srtikelsiana.com/2014/08/pengertianpendidikan-tujuan-manfaat/html.(tidak diterbitkan)

Yusana Wardika, D.M. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Bangsa Pada Siswa SMK Negeri 2 Tabanan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Volume 2 Tahun 2013.

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta ; Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2019-09-04

How to Cite

Suyasa, P. A., & Suandi, I. N. (2019). Nilai Pendidikan Karakter dalam Dialog Tokoh Cenk-Blonk dalam Lakon Gatutkaca Duta dan Penerapannya Oleh Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(2), 75–82. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i2.20317

Issue

Section

Articles