ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI TENDAS KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI

Authors

  • Riftian Novaris Universitas PGRI Semarang
  • Ary Susatyo Nugroho Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i2.28572

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri Tendas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, pembina pramuka dan 10 peserta didik kelas 5. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan pramuka dengan cara praktek langsung melalui keteladanan dan pembiasaan dengan cara memberikan contoh nyata disiplin dan tanggung jawab pada kegiatan pramuka, dengan materi pembacaan dasa dharma yang dapat dipahami setiap maknanya, baris berbaris, dan SKU. Proses pelaksanaannya untuk meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab dengan cara kegiatan pramuka rutin setiap minggunya, kegiatan persami dan kegiatan jelajah alam.

Kata Kunci: Karakter disiplin, tanggung jawab, pramuka

References

Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Damanik, Saipul Ambri. 2014. Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu keolahragaan. Volume 13. Nomor 2. Juli – Desember. Halaman 16 - 21

Elisa, 2019. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di SD Negeri Kangkung 01. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. Vol 7 No. 2 tahun 2019.

Judiani, sri, 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 16 nomor 3. Oktober 2010. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519

Moleong, Lexy,J.2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Samani, Muchlas. 2013 Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Soegeng Ysh. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI SEMARANG PRESS.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia, nomor 20 tahun 2003, pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Published

2020-11-02

How to Cite

Novaris, R., Nugroho, A. S., & Untari, M. F. A. (2020). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI TENDAS KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i2.28572

Issue

Section

Articles