Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Pada Tembang Dolanan Menthok-Menthok dan Gugur Gunung
DOI:
https://doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.34021Keywords:
Nilai, Karakter, Tembang DolananAbstract
Permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya sikap disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik. Alasan yang mendasari peserta didik banyak yang melakukan pelanggaran adalah mereka tidak paham akan bahayanya tidak menggunakan masker saat pandemi seperti sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter disiplin dan tanggung jawab pada tembang dolanan “Menthok-Menthok” dan “Gugur Gunung”. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah daftar pertanyaan wawancara untuk Kepala Sekolah dan Guru. Teknik analisis data menggunakan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tembang dolanan “Mnethok-Menthok” dan “Gugur Gunung” banyak mengandung nilai karakter disiplin dan tanggung jawab serta terselip nilai karaktergotong royong bagi pembentukan karakter peserta didik. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan disiplin siswa melalui kearifan local seperti tembang doladan.
References
Arifin, M. Z., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan kurikulum muatan lokal karawitan sebagai upaya mengkonstruksi pengetahuan dan pelestarian budaya jawa di jenjang sma. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 2–10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3707.
Arisyanto, P., Prasetyo, S. A., Untari, M. F. A., & Sundari, R. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Berbasis Android Bagi Mahasiswa PGSD UPGRIS. Jurnal Basicedu, 5(3), 1584–1592. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.945. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.945
Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung. Murhum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2
Farid, M. N. (2012). Peranan Muatan Lokal Materi Batik Tulis Lasem Sebagai Bentuk Pelestarian Budaya Lokal. Komunitas. International Journal of Indonesian Society and Culture, 4(1). https://doi.org/10.15294/komunitas.v4i1.2400. DOI: https://doi.org/10.15294/komunitas.v4i1.2400
Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati, I. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898. DOI: https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2). https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291.
Khusniati, M. (2014). Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.15294/ijc.v3i1.3091.
Muhamad Nova. (2017). Character Education In Indonesia EFL Classroom Implementation and Obstacles. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.13650. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.13650
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305.
Nurwita, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252
Nuryanto, S. (2017). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dengan Metode Mendongeng Cas Cis Cus di Ba Aisyiyah Kaponan 2 Ponorogo. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.24914/pnf.v3i1.8732.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Prayogi, D. S., Utaya, S., & Sumarmi, S. (2019). Internalisasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran melalui Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1457–1463. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12990
Puspawati, G. A. M. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Ragam Gerak Tari Pendet. Jurnal Stilistika, 7(2), 274–291. https://doi.org/10.5281/zenodo.3900648.
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Setyawan, A., Suwandi, S., Slamet, S. Y., Keguruan, F., Universitas, P., & Maret, S. (2017). Muatan Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Di Pacitan. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 199–211. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.21778. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.21778
Sukarniti, N. L. K. (2020). Pewarisan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Memproteksi Masyarakat Bali Dari Dampak Kemajuan Teknologi. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.47532/jic.v3i1.135. DOI: https://doi.org/10.47532/jic.v3i1.135
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192
Wardani, Septiana, M., Nugroho, N. R. I., & Ulinnuha, M. taufiq. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 27–33. DOI: https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9313
Yulianti, D., Khanafiyah, S., & Sulistyorini, S. (2016). Inquiry-based science comic physics series integrated with character education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 38–44. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5787.