DAYA TANGKAP SISWA TERHADAP NILAI KARAKTER PADA FILM JEMBATAN PENSIL

Authors

  • Ghonys Astrinika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Singgih Adhi Prasetyo Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Anggun Dwi Setya Putri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i2.29707

Keywords:

Nilai Karakter, Jembatan Pensil, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab yang terdapat dalam film Jembatan Pensil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV-VI Sekolah Dasar. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi serta metode simak catat. Peneliti melakukan analisis terdapat tujuh belas nilai karakter dari delapan belas nilai karakter acuan yang terkandung dalam film Jembatan Pensil. Namun siswa Sekolah Dasar hanya mampu menganalisis nilai karakter jujur, nilai karakter disiplin, nilai karakter kerja keras, nilai karakter toleransi, nilai karakter mandiri, nilai karakter bersahabat/komunikatif, nilai karakter semangat kebangsaan, dan nilai karakter peduli sosial dalam film tersebut. Film ini dapat dijadikan sarana penanaman karakter yang sesuai dengan kurikulum 2013 karena dapat memberikan motivasi dan inspirasi untuk anak dengan bimbingan guru ataupun orang tua.  

References

Abdullah, B., Radiansyah, R., & Akbar, A. (2015). Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Banjarmasin. Inferensi, 9(2), 537. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560 DOI: https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560

Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18 DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18

Ainna Khoiron Nawali. (2018). Hakikat, Nilai-NILAI DAN STRATEGI KARAKTER (AKHLAK) DALAM ISLAM. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 105–126. DOI: https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.955

Arisyanto, P., Sundari, R. S., & Untari, M. F. A. (2018). Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4062 DOI: https://doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4062

Asriani, P., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Untuk. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1456–1468. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10160

Astuti, H. D., Prasetyo, S. A., & Putri, A. D. S. (2020). Daya Tangkap Siswa SD Terhadap Film Animasi Upin dan Ipin Season 6 Episode 12 “Taman Mesra” Terkait Dengan Nilai Karakter. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 114–119. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6547 DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6547

Fatriyah, F., Prasetyo, S. A., & Ardiyanto, A. (2020). Daya Tangkap Siswa Terhadap Pesan Moral Dan Nilai Karakter Pada Film Animasi Moana. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU, 3, 304–311. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28994 DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28994

Khusniati, M. (2012). Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204–210. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2140

Lukmantoro, D., Prasetyo, S. A., & Hadi, H. (2019). Analisis Nilai Moral Dalam Film Animasi “The Boss Baby” Produksi Dreamworks Animation Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(3), 128. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i3.17157 DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v1i3.17157

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Melasarianti, L., & Andini, N. P. (2016). Media Film Animasi Bemuatan Nilai Nilai Karakter Sebagai Uupaya Meningkatkan Keterambilan bercerita Siswa Kelsa VII A SMP Negeri Mandiraja Kabupaten banjernegara Tahun AJaran 29018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 44–59.

Munawaroh, R. L., & Prasetyo, S. A. (2019). Nilai Karakter dalam Film Animasi “Horton Hears A Who” Sudut Pandang. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17925 DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17925

Purworejo, K. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-Integratif Dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 157–172. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8620

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480 DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Ridwan. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Media Film dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Cempa Kabupaten Pinrang. Jurnal Studi Pendidikan.

Rosmilasari, D. M. A. R. (2018). Animasi Pendidikan Untuk Menigkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 23(3), 183–192. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16434 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16434

Setiawan, A. D., & Bezaleel, M. (2019). Perancangan Film Pendek “Bukan Hak-Ku” untuk Menanamkan Nilai Kejujuran pada Anak Usia 8-12 Tahun. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(01), 127–140. https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i01.1873 DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i01.1873

Syakir, M., Tamsah, H., & Sani, A. (2017). Analisis Kegiatan Pendidikan Ekstrakurikuler Untuk Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di SMA Negeri 1 Sinjai Borong. Jurnal Mirai Management, 2(2), 108–125.

Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27332

Widiyatmika, W., Sulistyo, E. T., & Nugroho, S. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Sang Kiai. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(1), 73–79. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i1.639 DOI: https://doi.org/10.31091/mudra.v34i1.639

Published

2020-11-02

How to Cite

Astrinika, G., Prasetyo, S. A., & Putri, A. D. S. (2020). DAYA TANGKAP SISWA TERHADAP NILAI KARAKTER PADA FILM JEMBATAN PENSIL. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i2.29707

Issue

Section

Articles