Penanaman Karakter Disiplin Siswa melalui Tata Tertib Sekolah di SD Negeri Ciruas 4

Isna Sofia Dewi, Nana Hendracipta, Ahmad Syachruroji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuik mengetahui bagaimana penanaman karakter disiplin pada siswa melalui tata tertib sekolah dilakukan di SD Negeri Ciruas 4. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi kepada siswa, wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru kelas VA. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut : (1) Upaya sekolah dalam penanaman karakter disiplin siswa melalui Tata Tertib Sekolah yang mana sekolah harus mengetahui kepribadian siswa, mengembangkan karakter siswa bersama dengan kepala dan guru serta menunjang sarana dan prasarana yang baik (2) Dampak dalam penanaman karakter disiplin siswa melalui Tata Tertib Sekolah siswa menjadi teladan dalam berprilaku, bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan dan juga menjadi berprestasi.


Keywords


Pendidikan Karakter; Disiplin; Tata Tertib

References


A.M, Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Asmani, J. M. (2013). Pendidikan Karakter Disekolah. Jogjakarta: Diva Press

Daryanto. 2011. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa. E. (2013). Standar Kompetensi dan sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offest.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Rifa’i, M. (2011). Sosiologi Pendidikan struktur dan Interaksi Sosial di dalam institusi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Samani, M. dan Hariyanto. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triandani, Sahwitri. 2012. Pengaruh Tim Kerja, Stress Kerja dan Reward (Imbalan). Pekanbaru: LPPM

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v4i2.30535

Article Metrics

Abstract view : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Values and Character Education Journal is Published By:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: ivcej30@gmail.com


Indonesian Values and Character Education Journal is indexed by:

 

Akreditasi SINTA  JPI Undiksha OneSearch Crossref JPI  BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.