Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi

Ana Khalimatul Muna, Wahyu Lestari, Prisma Adi Putra

Abstract


Pada masa pandemi Covid-19 kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Meskipun melalui pembelajaran daring diharapkan pendidikan karakter tetap dilaksanakan oleh guru mengingat pentingnya pendidikan karakter bagi generasi muda. Pendidikan karakter merupakan suatu bentuk usaha untuk mendidik dan mengembangkan potensi anak dalam membangun karakter pribadinya sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat bagi lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran daring selama masa pandemi di SD 3 Kirig. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi dan wawancara dengan pihak terkait. Subjek penelitian adalah Guru Kelas V SD 3 Kirig. Hasil penelitian ini diperoleh sebuah gambaran bahwa implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran daring telah dilaksanakan oleh guru kelas V SD 3 Kirig dengan memanfaatkan aplikasi yang terkoneksi dengan internet yaitu aplikasi Zoom dan WhatsApp.

 

 


Keywords


Covid-19, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Daring

References


Andjani, A., Ratnamulyani, I., & Kusumadinata, A. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Whatsapp Terhadap Efektifitas Kinerja Karyawan The Use Of Whatsapp Comunication Media To The Effectiveness Of Worker Performance. Jurnal Komunikatio, 4(April).

Andriati, N., & Hidayati, N. (2020). Investigasi Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Tentang Etika Pergaulan Siswa di Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 116–123. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p116

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Astuti, Y. T., Lestari, W., & Cahyono, A. (2021). Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Tari Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(1). https://doi.org/10.31599/jki.v21i1.445

Buseri. (2010). Pendidikan Keluarga. Lanting Media Aksara.

Emerentiana, P., Lestari, W., Kurniawati, Y., & Pranoto, S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Katholik Berbasis Aplikasi Android .

Etikasari, B., Puspitasari, T. D., Kurniasari, A. A., & Perdanasari, L. (2020). Sistem informasi deteksi dini Covid-19. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 9(2).

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Lickona, T. (2012). Character Matters: Persoalan Karakter (U. Wahyudin & Suryani (eds.)). Bumi Aksara.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2016). Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. In Nursing standard (Royal College of Nursing (Great Britain) : 1987) (Vol. 30, Issue 25).

Murtono. (2017). Merencanakan dan Mengelola Model-Model Pembelajaran Inovatif (Student Center Learning). Wade Group.

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 the Implementation of Character Education Integrated To Curriculum and Learning Methods During Covid-19 Pandemic. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164.

Nugroho, M. A., Florentinus, T. S., & Lestari, W. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Materi Musik Ansambel Berbasis Android bagi Siswa SMP. 2019.

Nurseto, G., Lestari, W., & Hartono. (2015). Pembelajaran Seni Tari: Aktif, Inovatif Dan Kreatif. Catharsis, 4(2), 115–122.

Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI GURU KELAS DI SD NEGERI 3 REJOSARI KABUPATEN OKU TIMUR. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1471

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 06(02).

Sujito, S. W., Haryanto, W., & Lestari, W. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Seni Lukis Berbantuan Aplikasi Tux Paint Guna Meningkatkan Kemampuan Menggambar Alam Di Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 4(1), 28–33.

Sumindar, A., & Lestari, W. (2012). Model Pembelajaran Moving Class Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Implikasinya Terhadap Kemandirian Siswa (Kajian Kasus) Di Sma Karangturi Semarang. Catharsis: Journal of Arts Education, 1(2).

Swandar, R. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SD Budi Mulia Dua Sedayu Bantul. Laporan Penelitian, Yogyakarta: PGSD, Universitas PGRI Yogyakarta.

Umi Muzayanah , W. L. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Mata Pelajaran Pai Smp. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(1). https://doi.org/10.15294/jere

Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Ambarwati, U. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 208–216. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.9882




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v4i2.34444

Article Metrics

Abstract view : 1933 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Values and Character Education Journal is Published By:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: ivcej30@gmail.com


Indonesian Values and Character Education Journal is indexed by:

 

Akreditasi SINTA  JPI Undiksha OneSearch Crossref JPI  BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.