Model Pembelajaran Kuantum dengan Metode Snowball untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Ni Ketut Sari

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tianyar di Kelas I Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kuantum dengan metode Snowball dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kuantum dengan metode Snowball dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya53,75 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi57,66 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi64,22. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kuantum dengan metode Snowball dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri 4 Tianyar Kelas I Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017.


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 1996. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darkasyi, Muhammad , Rahmah Johar, Anizar Ahmad. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1, No. 1.

Depdiknas. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Dewi, Md. Puspa , I Kt. Adnyana Putra, I Gst. A. Oka Negara. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Gugus Sri Kandi Kecamatan Denpasar Timur . E-journal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha.

Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1.

Irawan, Zudi dan Agus Suharmanto. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Kompetensi Menjelaskan Prosesproses Mesin Konversi Energi Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Model Pembelajaran Langsung . Journal of Mechanical Engineering Learning , JMEL 3 (1).

Jampel, I Nyoman, I Wayan Widiana, Ni Made Yeni Juliantari. 2017. Inovasi Pembelajaran Saintifik Dengan Snowball Throwing Dalam Proses Menanya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.1 (2) 128.-137.

Latipah, Eva. 2010. Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi Volume 37, NO. 1, JUNI 2010: 110 – 129.

Linto, Rendya Logina, Sri Elniati, dan Yusmet Rizal. 2012. Kemampuan Koneksi Matematis Dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 Part 2 : Hal. 83-87.

Nugroho, Bagus Eko. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Serta Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Pawyatan Daha 1 Kediri Materi Garis Lurus Tahun Pelajaran 2015/2016. Universistas Nusantara PGRI Kediri.

Pratama, Ery Rizki, 2014. Singgih Bektiarso, Agustiningsih Aplikasi Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 02 Jembe. Universitas Jember.

Putri, A.M S. Khanafiyah, H. Susanto. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Karakter Komunikatif Dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, UPJ 3 (1)

Rahayu, Ni Made Sri, I Wayan Sujana, DB. Kt. Ngurah Semara Putra. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2

Safitri, Diyan Tunggal. 2011. “Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.

Sandi, I Kt, I Wyn. Suwatra, I Wyn. Widiana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1

Sartika, Dewi.2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe snowball throwing Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri 147 Pemalang.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sunarto. 2012. PengertianPrestasiBelajar. Fasilitatoridola [online].Tersedia: http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar/.

Susanti, Kd. Ayu, I Ngh. Suadnyana, Siti Zulaikha. 2014. Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Gugusi Gusti Ngurah Rai Denpasar. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1.

Wardhiana, I Km. Suka, I. G. A. Agung Sri Asri2, Ni Wyn. Suniasih. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd Negeri 1 Bungbungan. E-journal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Widiyaningsih, dan Pujiastuti, E. 2013. Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JURNAL KREANO, Jurusan Matematika FMIPA UNNES Volume 4 Nomor 1.

Widodo, P. Slamet.Jurnal Pendidikan Penabur. Meningkatkan Motivasi Siswa Bertanya melalui Metode Snowball-throwing dalam Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan No.13/Tahun ke-8/Desember 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i1.13726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.