Penerapan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • Ni Ketut Sari Smp Negeri 1 Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27234

Keywords:

Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition ( CIRC), Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ubud di kelas IX E Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 66,94 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 72,77, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,13. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Ubud.

 

 

References

Andriani, Umi dan Rani Nuraeni. 2008. Mencocok, Menempel dan Mewarnai. Jakarta: Erlangga for Kids.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Charuer, Kathy, dkk. 2005. Permainan Berbasis Sentra Pembelajaran. Beltsuillee, MD 20705: Translation Copyright 2005 by Penerbit Erlangga.

Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Pusat Kurikulum Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Dewi, L.C. Rosa, dkk. 2017. Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Diskusi Pada Siswa Kelas VIII. 4 SMP Negeri 2 Singaraja. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol: 6 No: 1

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Putrawan, I Gede Agus Raka, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading Ang Composition) Terhadap Literasi Siswa Kelas III SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017.

Sirait, Erlando Doni . 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika . Jurnal Formatif 6(1): 35-43, 2016.

Syafi’I, Ahmad. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi . Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.

Irawadi, Made Hela., dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Karya Ilmiah Di Kelas XII AP I SMK Negeri 1 Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3 Nomor 1.

Ekawati, Risma., dkk. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, Volume 1 Nomor 3.

Jenisa, Kintan dan Asri Lubis. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jurnal Education Building, Volume 2 Nomor 1.

Khoirunisa, Esdaniar. G A S C and S. 2016. The Use Of Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Method To Improve Reading Comprehension Ability Of Visually Impaired Students In The 3rd Grade Of Sd Slb A Ykab Surakarta, Indonesia. European Journal of Special Education Research, Volume 2 Nomor 1.

Kurniasih. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Setiawati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbasis Tulisan Intensif Siswa Kelas IV. Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Volume 5 Nomor 2.

Yudasmini, N. M. dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Memahami Bacaan Gugus Buruan’, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, Volume 5 Nomor 1.

Ilham. 2016. Integrated Reading And Composition ( CIRC ) Bermuatan Nilai Karakter terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas’, Jurnal Pendidikan Humaniora, Volume 4 Nomor 3.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Sari, N. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Journal of Education Action Research, 4(3), 307–314. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27234