Model Pembelajaran Probing-Promting untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris

Ni Putu Suastini

Abstract


Dari pengamatan awal banyak siswa yang masih rendah kemampuannya dalam pelajaran bahasa Inggris. Rendahnya prestasi belajar Bahasa Inggris siswa IXB semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019 baru mencapai rata-rata 67,53.  Adanya fakta tersebut, penelitian ini diupayakan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris dengan model pembelajaran Probing-Promting bagi siswa kelas IXB semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXB semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 40 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris dengan penerapan  model pembelajaran Probing-Promting. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan test prestasi belajar yang dianalisis secara deskriptif. Dari hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probing-Promting dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas IXB semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Data yang telah diperoleh dapat membuktikan kebenaran hipotesis yang diajukan. 

Kata Kunci: Pembelajaran Probing-Promting, Prestasi Belajar Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. 2005. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Mayasari dkk. 2014. Penerapan Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTSN Lubuk Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.3 No.1 Suherman, E. (2008). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Hand Out. Bandung.

Nana Sudjana, 2010. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suherman E., Turmudi, & Suryadi, D., 2001, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: JICA UPI.

Susanti, Elsa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI.IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 2 No. 1 Hal. 97-107. Tersedia Pada: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/3105.

Suyatno, 2009, Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Utami, Dian. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Pembelajaran Mengabstraksi Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X SMA/MA. Riksa Bahasa Vol. 2, No. 2 Hal. 151-158. Tersedia Pada: http://ejournal.upi.edu/index.php/RBSPs/article/view/8978.

Yulia, Putri, Sri Utami Ningsih. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1, No. 1 Hal. 56-62. Tersedia Pada: https://www.neliti.com/id/publications/273212/pengaruh-penerapan-model-pembelajaran-probing-prompting-dan-contextual-teaching.

Zainal Arifin, 2006. Evaluasi Instruksional. Bandung: PT. Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i4.21804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.