Efektivitas Metode Diskusi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Agama Hindu
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24735Keywords:
Inkuiri, media konkret, hasil belajar, MatematikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu siswa klas V SD Negeri 1 Tianyar Tengah Semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Metode diskusi dipilih dengan pertimbangan metode ini akan membangkitkan semangat siswa dengan cara siswa belajar dengan temannya yang merupakan tutor sebaya. Disamping itu siswa akan terbiasa berfikir kritis, kreatif dan mampu berpendapat sehingga dapat meningkatkan pemahamannya. Dengan meningkatnya pemahaman maka hasil belajarnya juga meningkat. Penerapan metode ini tentunya tidak akan berdiri sendiri,namun tetap didukung dengan metode yang lain, hanya saja prioritas tetap pada metode diskusi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dinyatakan bahwa dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu pada siswa. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan nilai hasil belajar yang diperoleh siswa. Pada akhirnya, jumlah siswa yang mencapai nilai ≥75 semakin banyak dan mencapai kriteria keberhasilan yaitu 75%. Peningkatan presentase pencapaian KKM siswa pada siklus I sebesar 57,14% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan rata-rata hasil belajar pendidikan agama hindu siswa pada siklus I sebesar 75,23, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,19. Oleh karena itu, pada penelitian ini siswa yang mendapatkan nilai ≥75 mencapai kriteria keberhasilan yaitu ≥75%, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dan di hentikan pada siklus II.
References
Arya Dharma. (2013). dalam PTK yang berjudul “ Penerapan Metode Resource-Based Learning Dalam Pelajaran Agama Hindu Untuk Meningkatkan Respon Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Menyali, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014”Diperoleh tanggal 1-02-2015 dari http://10310258.blogspot.com/2012/01/PTK-agama hinduhtml.
Eko Putro W (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
I.G.A.K Wardani, dkk,(2007). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta:Universitas Terbuka.
Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Purwanto.(2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sardiman A.M. (2006). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Sri Anitah, W . (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sri Anitah, W . (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka
Sugihartono, dkk.(2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Udin, S.Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran.
Depdikbud: Jakarta.
Widiasa. (2007). dalam sekripsi yang berjudul “ Penerapan Pembelajaran Home Working Model Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas V SD No.1 Penarukan, Kecamatan Buleleng Semester II Tahun Pelajaran 2007/2008. Diperoleh tanggal 1-02-2015 dari http://10310258.blogspot.com/2012/01/PTK-agama hinduhtml.
Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Winkel, W.S. 2005. Psikologi Pengajaran. Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: MediaAbadi.