Efektivitas Metode Diskusi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Agama Hindu

Made Suardana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu siswa klas V SD Negeri 1 Tianyar Tengah Semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Metode diskusi dipilih dengan pertimbangan metode ini akan membangkitkan semangat siswa dengan cara siswa belajar dengan temannya yang merupakan tutor sebaya. Disamping itu siswa akan terbiasa berfikir kritis, kreatif dan mampu berpendapat sehingga dapat meningkatkan pemahamannya. Dengan meningkatnya pemahaman maka hasil belajarnya juga meningkat. Penerapan metode ini tentunya tidak akan berdiri sendiri,namun tetap didukung dengan metode yang lain, hanya saja prioritas tetap pada metode diskusi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dinyatakan bahwa dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu pada siswa. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan nilai hasil belajar yang diperoleh siswa. Pada akhirnya, jumlah siswa yang mencapai nilai ≥75 semakin banyak dan mencapai kriteria keberhasilan yaitu 75%. Peningkatan presentase pencapaian KKM siswa pada siklus I sebesar 57,14% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan rata-rata hasil belajar pendidikan agama hindu siswa pada siklus I sebesar 75,23, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,19. Oleh karena itu, pada penelitian ini siswa yang mendapatkan nilai ≥75 mencapai kriteria keberhasilan yaitu ≥75%, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dan di hentikan pada siklus II.


Keywords


Inkuiri, media konkret, hasil belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Arya Dharma. (2013). dalam PTK yang berjudul “ Penerapan Metode Resource-Based Learning Dalam Pelajaran Agama Hindu Untuk Meningkatkan Respon Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Menyali, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014”Diperoleh tanggal 1-02-2015 dari http://10310258.blogspot.com/2012/01/PTK-agama hinduhtml.

Eko Putro W (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

I.G.A.K Wardani, dkk,(2007). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta:Universitas Terbuka.

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Purwanto.(2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sardiman A.M. (2006). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Sri Anitah, W . (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sri Anitah, W . (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka

Sugihartono, dkk.(2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Udin, S.Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran.

Depdikbud: Jakarta.

Widiasa. (2007). dalam sekripsi yang berjudul “ Penerapan Pembelajaran Home Working Model Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas V SD No.1 Penarukan, Kecamatan Buleleng Semester II Tahun Pelajaran 2007/2008. Diperoleh tanggal 1-02-2015 dari http://10310258.blogspot.com/2012/01/PTK-agama hinduhtml.

Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Winkel, W.S. 2005. Psikologi Pengajaran. Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: MediaAbadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i2.24735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.