PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG INOVATIF

Authors

  • Ni Made Supatni SD Negeri 3 Belega

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.25002

Keywords:

Kemampuan Guru, Pendekatan Saintifik, Kelompok Kerja Guru

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang inovatif di SD Negeri 3 Belega pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan pendekatan Saintifik melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara melakukan supevisi dengan instrumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang inovatif, hanya mencapai nilai 73,55 dan ketuntasan baru mencapai 33,33%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat ketuntasan pelaksanaan proses pembelajaran minimal 81,77. Rata-rata nilai siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-ratanya  mencapai 81,11 dan prosentase ketuntasannya mencapai 66,66%. Pada siklus II perolehan rata-ratanya sudah mencapai 90,00 dan persentase ketuntasan  sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan, yaitu penggunaan pendekatan Saintifik melalui Kelompok Kerja Guru dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang inovatif di SD Negeri 3 Belega pada semester I tahun pelajaran 2019/2020.

 

References

Abdullah. 2017. Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia | Vol. 01 No. 01 Hal. 45-62. Tersedia Pada: https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/45.

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Azhar,

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Kompetensi Supervisi klinis. Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Laporan Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Depdinas.

Indriyanti, dkk. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas Vsekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. II No. IIJuni2017, hlm. 13-25.

Lalu Muhammad. 1996. Supervisi Klinis. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.

Margono, S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Putra, Riza Anugrah, Mustofa Kamil, Joni Rahmat Pramudia. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Volume I ,nomor 1 Hal. 23-36. Tersedia Pada: https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/8723.

Rusilowati, Ani, Hartono, Supriyadi. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Better Teaching And Learning Berkarakter untuk Membekali Kompetensi Pedagogi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 29 Nomor 2 Hal. 83-92. Tersedia Pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/viewFile/5649/4512.

Setiana, Dafid Slamet. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menyusun RPP Dengan Pendekatan Saintifik Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2018 Magelang, 10 November 2018.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-05-25

Issue

Section

Artikel