Peningkatan Keterampilan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Scientifik Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Teknik Bimbingan Berkelanjutan

Authors

  • I Made Jimat SMP Negeri 3 Busungbiu, Busungbiu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45857

Keywords:

Supervisi Akademik, Bimbingan Berkelanjutan, Keterampilan Guru

Abstract

Rendahnya kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran cenderung disebabkan karena kurangnya pelatihan serta pengawasan yang diterima. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan Pendekatan Scientifik melalui penerapan kegiatan supervise akademik teknik bimbingan berkelanjutan. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada tiap-tiap siklus penelitian terdapat empat tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni guru mata pelajaran muatan kurikulum kelompok B (Penjasorkes, Seni Budaya dan Prakarya) yang berjumlah 5 orang. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan pengamatan lanjut penilaian kinerja atau unjuk kerja guru dalam proses pembelajaran, menggunakan instrumen penilaian kinerja guru dalam proses pembelajaran berupa pedoman observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan analisis keterampilan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus rata-rata skor keterampilan guru hanya18,00 dengan kategori keterampilannya sangat kurang terampil selanjutnya siklus I meningkat menjadi; 33,33 dengan kategori keterampilannya cukup terampil dan di Siklus II meningkat lagi menjadi; 40,03 dengan kategori keterampilannya terampil dalam menerapkan pendekatan scientifik. Berdasarkan pada hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik teknik bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam penerapan pendekatan Scientific.

References

Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 111–122. https://doi.org/ 10.23887/jjpgsd.v8i1.24547.

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16.

Dahlim. (2021). Upaya Meningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Dan Bimbingan Berkelanjutan. Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.277.

Firmani, P. S., Westra, I. K., Gede, I. D., & Wirawan, K. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Model Pembelajaran Inovatif Di SD Negeri 3 Ubud Pada Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI. Jurnal PKM, 2(Juni), 61–69. https://doi.org/10.5281/zenodo.6605840.

Gulo, A. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Tes Hasil. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 89–97. https://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/ article/view/29.

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254.

Imah, C. (2018). Pengaruh Supervisi Kepal Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Se- Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Jurnal Administrasi Pendidikan UM Palembang, 1(2), 65–77. https://doi.org/10.32502/amp.v1i2.1573.

Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 75–85. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020.

Ismail, M. Y. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Binaan dalam Menyusun RPP melalui Bimbingan Berkelanjutan di SMKN 4 Lhokseumawe. Jurnal Paedagogy, 8(4), 467. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4120.

Kuka, U. (2017). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di SMP Negeri 10 Kota Ternate. Edukasi, 15(1). https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i1.282.

Kurnia, W. (2021). Upaya meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui workshop dan bimbingan berkelanjutan. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(3), 772. https://doi.org/10.29210/021147 jpgi0005.

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332.

Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264.

Marwa, M., Munirah, M., Angriani, A. D., Suharti, S., Sriyanti, A., & Rosdiana, R. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Masa Pandemi Covid-19. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 215. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a10.2020.

Maulidina, M., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018 p113.

Mujiono, H. (2020). Supervisi Akademik Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(2), 113. https://doi.org/10.26740/ jdmp.v4n2.p113-121.

Munawar, M. (2019). Supervisi Akademik : Mengurai Problematika Profesionalisme Guru Di Sekolah. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 135–155. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.522.

Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Aktivitas Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora, 7(2), 78. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.25633.

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip .v5i6.653.

Nurhayati, E. (2019). Penerapan Buku Saku dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pasca Gempa Bumi. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 94. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1804.

Nurindarwati, R. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Pengawas Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penyusunan Administrasi Pembelajaran. Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 14–34. https://doi.org/10.52802/amk.v8i1.177.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Pardede, L. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di SMA Negeri17 Medan. Jurnal Darma Agung, 27(1). https://doi.org/10.46930/ojsuda.v27i1.141.

Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(2), 11–20. http://ojs.staialfurqan.ac.id/alqiyam/article/view/123/80.

Reniasih, G. N. (2020). Penerapan Bimbingan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 41. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24278.

Sari, W. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 1. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/472.

Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200.

Siregar, T. R. A., Iskandar, W., & Rokhimawan, M. A. (2020). Literasi Sains melalui Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA SD/MI di Abad 21. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 248–254. https://doi.org/10.36835/modeling. v7i2.582.

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461.

Sopiah, Y. (2019). Strategi Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran Harian Melalui Bimbingan Berkelanjutan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 44–50. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.35.

Srinadi, N. N., Agung, .A. Gede, & Yudana, I. M. (2020). Pengaruh Bimbingan Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 84. https://doi.org/10.23887/jp2. v3i1.24365.

Sudirman, S. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan RPP Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Di SMAN 1 Simboro Kabupaten Mamuju. Celebes Education Review, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.37541/cer.v2i2.551.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Sulaiman, S., & Neviyarni. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.118.

Tari, E., & Hutapea, R. H. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di era Digital. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54553/kharisma.v1i1.1.

Wahyudin, R. (2021). Pentingnya Kesesuaian Latar Belakang Pendidikan Terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Mutiara, 6(1), 5–16. https://stkipmutiarabanten.ac.id/wp-content/uploads/2021/04/Volume-5-Nomor-1-1-September-2019.pdf.

Winarsieh, I., & Rizqiyah, I. P. (2020). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid – 19. Indonesian Journal of Teacher Education, 4(1), 1–9. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515.

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Jimat, I. M. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Scientifik Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Teknik Bimbingan Berkelanjutan. Journal of Education Action Research, 6(3), 417–424. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45857