Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013

Authors

  • Desak Nyoman Masmin SD N 2 Medahan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27186

Keywords:

Kemampuan guru dalam menyusun RPP sesuai dengan kurikulum 2013, Supervisi Klinis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 di SD N 2 Medahan semester II tahun pelajaran 2018/2019 setelah diberikan supervisi klinis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di SD N 2 Medahan yang berjumlah 9 orang guru. Data kemampuan guru dalam menyusun RPP sesuai dengan kurikulum 2013 pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan IPKG 1. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sesuai dengan kurikulum 2013 minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Implementasi supervisi klinis secara efektif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 di SD N 2 Medahan semester II tahun pelajaran 2018/2019. Pada siklus I rerata kemampuan guru menyusun RPP sesuai dengan Kurikulum 2013 adalah 80,67 berada pada kategori cukup baik dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 55,56%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rerata sebesar 94,22 berada pada kategori baik dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 100%.

 

References

Agung, A. A. G. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G.. 2010. Konsep Dan Teknik Analisis Data Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja.

Amani, Luh., Dkk. 2013. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Proses Pembelajaran Pada Guru Sd Se-Gugus Vii Kecamatan Sawan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3.

Arif, Saipul. 2008. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendiidkan Islam, Volume 3 Nomor 2.

Dantes, Nyoman. 2009. Beberapa Rujukan Skenario Pembelajaran Berbasis Student Center Learning. Tersedia Pada Http://Nyomandantes.Wordpress.Com. Diunduh Pada Tanggal 15 Juni 2013.

Iriyan, Dwi. 2008. Pengembangan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Didaktika, Volume 2 Nomor 2.

Khumyati. 2017. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penyusunan Rpp Melalui Kegiatan Supervisi Klinis Di Mi. Nurul Ulum Kesuben Tegal Tp. 2015/2016. Jurnal Dialektika Jurusan Pgsd Vol. 7 No. 1 Maret 2017

Lalu, Muhammad Azhar. 1994. Supervisi Klinis. Surabaya: Usaha Nasional.

Mushlih, Aguslani. 2012. Penerapan Pendekatan Supervisi Klinis Melalui Diklat Di Tempat Kerja Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengawas Madrasah. Artukel. Tersedia Di: Http://Bdkjakarta.Kemenag.Go.Id/Index.Php? A=Artikel&Id=892. Diunduh Tanggal 10 Desember 2013.

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Hal.. 464-468. Tersedia Pada: Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Manajerpendidikan/Article/View/1145/0.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto, Ngalim. 2006. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riyadi, Slamet. 2016. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 1 Nomor 2, Desember 2106: 80-85.

Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahroni, Dapip. 2017. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, Vol. 1, No. 1, 2017, Hal. 115-124. Tersedia Pada: Http://Pasca.Um.Ac.Id/Conferences/Index.Php/Snbk.

Tanama, Yulia Jayanti, Achmad Supriyanto, Burhanuddin. 2016. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Volume: 1 Nomor: 11, Halaman: 2231—2235. Tersedia Pada: Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/Article/View/8127.

Tanama, Yulia Jayanti., Dkk. 2016. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan, Volume 1 Nomor 11.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Yudana, Made. 2011. Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Singaraja. Undiksha.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Masmin, D. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013. Journal of Education Action Research, 4(3), 280–285. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27186