Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Metode Drill

Ni Wayan Rasmini

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Seni Musik siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Blahbatuh pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode drill dalam proses pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini penggambaran secara lengkap dapat dijabarkan sebagai berikut: hasil yang diperoleh pada awalnya 69,07 dengan ketuntasn belajar hanya mencapai 39,47%, pada siklus I meningkat menjadi 74,60 dengan ketuntasan belajar mencapai 73,68% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,441 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar Seni Musik siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Blahbatuh pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode drill.


Keywords


Prestasi Belajar; Model Pembelajaran Direct Instruction; Metode Drill

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Charuer, Kathy, dkk. 2005. Permainan Berbasis Sentra Pembelajaran. Beltsuillee, MD 20705: Translation Copyright 2005 by Penerbit Erlangga.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas, 2003c. Sistem Penilaian Kelas SD, SMP, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.

Depdiknas. 2002. Direct Instruction. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hartinah DS, Haji Sitti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kirom, Askhabul. 2017. Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Al-Murabbi , Volume 3 Nomor 1.

Muttagi, Nur Huda.,dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Diskusi Dan Media Hyperchem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia, Volume 7 Nomor 1.

Purwantoro, Kartestio Jati dan Hadromi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sistem Pendingin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Volume 16 Nomor 1.

Sidik, Moch Ilham dan Hendri Winata. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 49-60.

Sobah Ch, Subhan Nur., dkk. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, Volume 4, Nomor 2.

Susilowati, Erny.,dkk. 2013. Pengunaan Metode Pembelajaran Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan UNS, Volume 1 Nomor 3.

Sutarsih, Ni Wayan. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Metode Drill Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX E Semester I SMP Negeri 1 Tampaksiring Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Widyadari¸ Volume 2 Nomor 2.

Syafi’i, Ahmad.,dkk . 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Volume 2 Nomor 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i3.27229

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF file view : 827 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.