Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28642Keywords:
Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Team QuizAbstract
Kemampuan siswanya untuk kompetensi mata pelajaran IPA cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII A. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII A. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada yang awalnya 65,65 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 69,73 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,42. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz.
References
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.
Dalvi. 2006. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam pembelajaran Agama dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team. Jurnal Guru. Jurnal Guru Vol. 3, No. 1, Juli 2006.
Darwanti. 2017. Efektivitas Metode Quiz Team dan Murder terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPS pada Kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 26, Nomor 1 Hal. 18-25. Tersedia Pada:, https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/download/6926/pdf.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2002. Metode Pembelajaran Team Quiz. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Penjaminan Mutu Pendidik.
Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2008. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Depdiknas.
Hermanto, Bambang, Eny Winaryati. 2018. Penerapan Model Discovery Learning dengan Variasi Team Quiz sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Struktur Atom. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS Hal. 526-538. Tersedia Pada: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4175/3874.
Marcella, Adelia, Imanuel Adhitya Wulanata, Tanti Listiani. 2018. Penerapan Team Quiz untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Antar Siswa Kelas VIII-B pada Mata Pelajaran Matematika [The Implementation of A Team Quiz to Improve The Cooperation Skills Among Grade 8B Students in Mathematics]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education Hal. 124-134. Tersdia Pada: https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/article/view/799.
Modern Educators and Lexicographers. 1939. Webster’s New American Detionary. New York: 140 Broadway, Books, Inc.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Auladuna, Vol. 2 No. 2 Hal. 233-245. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/879.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.
Sahertian, Piet A & Aleida Sahertian. 1992. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta.
Saputra, I Made Rai, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Quiz Team Berbasis Permainan Kamus Mini terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus IV Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Jurnal Mimbar PGSD Undiksha Volume 5 Nomor 2. ttp://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10778
Soedomo, M. 2001. Landasan Pendidikan. Malang: Penyelenggara Pendidikan Pascasarjana Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi.
Srijayanti, Ni Putu Sukma, dkk. 2014. Model Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Media Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. E-Jurnal Mimbar PGSD Undiksha Volume 2 Nomor 1. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3230
Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.
Supardi, 2005. Pengembangan Profesi dan Ruang Lingkup Karya Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.
Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Tim Redaksi Fokusmedia. 2006. Himpunan Peraturan Perundang-undangan. Bandung: Fokus Media.
Fadilah, R. U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xi Ips 2 Sman 8 Kediri Di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Sharia Economics, 1(2), 146–164. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/jse.v1i2.74
Marcella, A., Wulanata, I. A., & Listiani, T. (2018). Penerapan Team Quiz Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Antar Siswa Kelas Viii-B Pada Mata Pelajaran Matematika [the Implementation of a Team Quiz To Improve Cooperation Skills Among Grade 8B Students in Mathematics]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 124. https://doi.org/10.19166/johme.v1i2.799
Sabil, H., & Winarni, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Siswa Padamateri Persamaan Kuadrat Dengan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team Di Kelas Ix Smpn 24 Kota Jambi. Edumatica, 03(02). https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i02.1581