Meningkatkan Kinerja Guru Bahasa Indonesia Dalam Melaksanakan Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Heri Fasa SMA Negeri 1 Bojong Manik

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28923

Keywords:

Hasil Belajar, Kinerja Guru, Supervisi Akademik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Bahasa Indonesia Dalam Melaksanakan Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas XI IPA Semester Satu SMA Negeri 1 Bojong Manik Melalui Pembinaan Supervisi Akademik Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian PTS. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bojong Manik Kabupaten Lebak Propinsi Banten dan pelaksanaannya dalam dua siklus, setiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dan dilakukannya refleksi ternyata adanya peningkatan kinerja guru dalam mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dan hasil yang dicapai dalam PTS ini dapat disajikan sebagai berikut: 1) hasil Kinerja Guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 8,1, 2) ketuntasan dalam mengajar mencapai 67%, 3) hasil belajar siswa pada sikls I dengan nilai rata-rata 71,2, 4) ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 76 %, 5) hasil kinerja guru pada siklus II dengan nilai rata-rata 10, 6) ketuntasan dalam mengajar mencapai 100%, 7) hasil belajar siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,4, dan 8) ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai 100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pembinaan melalui Supervisi Akademik bagi guru bahasa Indonesia terbukti dapat meningkatkan kinerja guru bahasa indonesia dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI. IPA Semester satu SMA Negeri 1 Bojong Manik Tahun pelajaran 2018/2019, sehingga hasil belajar yang dicapai siswa meningkat.

References

Arikunto, Suharsimi. 1989. Penilaian Program Pendidikan, Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud. Dirjen Dikti.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta rineksa Cipta.

Basiran, Mokh. 1999. Apakah yang Dituntut GBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1994?. Yogyakarta: Depdikbud

Darjowidjojo, Soenjono. 1994. Butir-butir Renungan Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Makalah disajikan dalam Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Salatiga: Univeristas Kristen Satya Wacana.

Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan IPTDI

Departemen Pendidikan nasional. 2003. Undang-Undang nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta.

Depdikbud. 1995. Pedoman Proses Belajar Mengajar di SD. Jakarta: Proyek Pembinaan Sekolah Dasar.

Hidayat, Sholeh. 2003. Media dan sumber Pembelajaran. Makalah pada Diklat Guru dan Kepala sekolah-Dindik Propinsi Banten. Volume 3 Nomor 1, Maret 2015.

Imam Syafi’e. 1993. Terampil Berbahasa Indonesia I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Unsika

Kentut, Drs. 2004. Prinsif Pengembangan Media, Jakarta: Pustekom.

Khoeriyah, Siti Wardiatul. 2015. Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru SMP IT Yaspida Sukabumi. Jurnal Tadbir Muwahhid Volume 4 Nomor 2.

Machfudz, Imam. 2000. Metode Pengajaran Bahasa Indonesia Komunikatif. Jurnal Bahasa dan Sastra UM

Moeleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.

Nasution, Prof,Dr, MA. 1986. Didaktik Asas Mengajar. Bandung: Jemmars.

Purbasari, Margi. 2015. Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education Volume 4 Nomor 1.

Sapriya. Dkk. 1999. Studi Tentang Media Pembelajaran Nilai dalam mata pelajaran PPKN di SLTP dan SMU Bandung (Laporan penelitian, tidak diterbitkan.)

Suryana, Yudho Ramafrizal. 2018. Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi . Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Volume II Nomor 2, Juli 2018.

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Fasa, H. (2020). Meningkatkan Kinerja Guru Bahasa Indonesia Dalam Melaksanakan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Education Action Research, 4(4), 529–535. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28923