Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

I Ketut Suwela

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Sebagian besar siswa belum mencapai ketuntasan minimal pada pelajaran pendidikan Matematika. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas model kooperatif tipe Thinsk Pair and Share terhadap Prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri sebanyak 30 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I skor rata-rata hasil belajar dengan kategori rendah.  Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 64,83 dengan ketuntasan klasikal 64,83%, daya serap 70 %. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan, rata-rata hasil belajar menjadi 75,33 ketuntasan klasikal menjadi 75,33 % dan daya serap menjadi 100 %. Dan hasil analisis hasil belajar siklus I dan II mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 10,5 ketuntasan klasikal sebesar 30% daya serap sebesar 10,5 % dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair and share. Jadi, penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Matematika.


Keywords


Tipe Think Pair and Share; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Andika, N. D., Usodo, B., & Subanti, S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( Nht ) Dan Think Pair Share ( Tps ) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Himpunan Ditinjau. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(8), 830–840. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10832.

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://doi.org/jpgsd@upi.edu website:http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index PENERAPAN.

Dharma, I., Pujiastuti, E., & Harianja, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Semarang Pada Materi Sistem Persamaan Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2018/2019. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 239–246. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28918.

Dharmayanti, N. P., Ardana, I. K., & Suniasih, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5, 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10709.

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 43–63. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912.

Mariana, P., & Riwayati. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Think Pair Share (TPS) Pada Materi Ekosistem Dikelas VII. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2), 86–92. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpp.v4i2.4048.

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.24.

Maryoto, G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Dan Numbered-Heads-Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016.

Nasrulloh, F. (2017). Keefektifan model kooperatif tipe tps dan nht ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa kelas xi. Eduscope, 03(01). https://doi.org/https://doi.org/10.32764/eduscope.v3i1.181.

Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 209670. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10655.

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108.

Supatni, N. M., Dantes, N., Tika, I. N., Studi, P., Pendidikan, E., & Pascasarjana, P. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dengan Kovariabel Kemampuan Numerik Siswa Kelas Vi Di Sd Gugus Ii Bedulu. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5800.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se Kuala Nagan Raya Aceh. GENTA MULIA, IX(2), 56–70. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/168.

Theresia, E. (2018). Studi Deskriptif mengenai Self Concept dalam Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas V SD ”X” di Kota Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(3), 161. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i3.754.

Wardani, E. P., Mardiyana, M., & Subanti, S. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Lingkaran Ditinjau Dari Kesiapan Belajar Dan Gaya Berpikir Siswa Kelas Xi Ipa Sma N 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(3), 328–340. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/download/6955/5416.

Yerizon, Y., Putri, Y. U., Musdi, E., & Permana, D. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i1.32653

Article Metrics

Abstract view : 488 times
PDF file view : 325 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.