Implementasi Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Gerak Dasar Passing Bawah Bola Voly pada Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ketut Suasa SD Negeri 6 Busungbiu, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39477

Keywords:

Kooperatif Tipe STAD, Gerak Dasar Passing Bawah, Prestasi Belajar

Abstract

Kemampuan siswa untuk mengaplikasikan keterampilan passing bola voly masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya model pembelajaran dalam mengajar keterampilan teknik dasar passing bola voly, sehingga kurang merangsang minat dan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan prestasi belajar gerak dasar passing bawah melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 8 orang siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar gerak dasar passing bawah. Dalam penelitian ini, data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar gerak dasar passing bawah dinyatakan meningkat. Hal ini dibuktikan dengan terjadi perbedaan prestasi belajar antara siklus I (jumlah 593, rata-rata 74, daya serap 74%, ketuntasan belajar 50%) dan siklus II (jumlah 687, rata-rata 86, daya serap 86%, ketuntasan belajar 88%). Peningkatan prestasi belajar dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dari adanya kenaikan rata-rata daya serap 12% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 38%. Jadi, implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SD dapat meningkatkan prestasi belajar gerak dasar passing bawah.

References

Agustina, R. L. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model STAD dan NHT. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1 (3). https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801.

Ahyar, L. M., Ibnu, S., & Affandy, D. (2017). Penerapan Stad dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(1), 21–30. https://doi.org/10.17977/um026v2i12017p021.

Anggreini, R. K., & Dewi, N. R. (2020). Development of Ludo-Science Media with a Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) Approach to Train the Activeness and Conceptual Understanding. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 6(2), 241–267. https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.8677.

Asrini, N. W. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check. Journal of Education Action Research, 4(3), 338–344. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27402.

Budiastana, P. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Kognisi dan Keterampilan Sosial pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12782.

Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2), 1–20. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/7397/5169.

Dewi, A. C., Hapidin, & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136.

Erly. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD): Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5960.

Fitroturrohmah, M., Purwadi, & Azizah, M. (2019). Hubungan Peran Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Kedung 01 Jepara. Journal of Primary and Children’s Education 2, 2(2), 25–30. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta.

Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division dan Diskusi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9693.

Hamdu, G. dan L. A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.

Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.585.

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359.

Ikhwati, H., Sudarmin, S., & Parmin, P. (2014). Pengembangan Media Flashcard IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Tema Polusi Udara. Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/USEJ.V3I2.3344.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79.

Laksono, Y. S., Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143.

Lestari, D., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran STAD dengan TSTS terhadap Keterampilan Sosial Muatan IPS. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 55. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2659.

Lestari, K. R. (2013). Model Pembelajaran Koperatif STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/333.

Mahfudi, H. N. (2020). Hubungan Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Legokulon 2. Education and Learning of Elementary School, 1(1), 1–9. http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/177.

Marheni, Sujana, & Putra, S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Kelas V SD no. 8 Padangsambian Denpasar. MIMBAR PGSD, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1438.

Mariyana, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA tentang Tata Surya melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) bagi Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 787–792. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54403.

Muchib, M. (2018). Penerapan Model PBL dengan Video untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 25. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356.

Nugroho, S., & Shodikin, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komik pada Siswa SD. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1067.

Primartadi, A. (2013). Pengaruh Metode Student Teams-Achievement Division (STAD) dan Mroblem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Potensi Akademik Siswa SMK Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 143–153. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1024.

Putu, N., Sp, S., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2016). Hubungan antara Prestasi Belajar dan Peranan Orang Tua serta Interaksi Teman Sebaya Mata Pelajaran PKN. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7465.

Rahmawati, F., Sudarma, I. K., & Sulastri, M. (2014). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Jurnal: Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2444.

Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Di SD INPRES Ende 14. Mimbar PGSD, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983.

Sari, N. P. I. K., Arnyana, I. B. P., & Mardana, I. B. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Berbantuan Mind Map terhadap Hasil Belajar IPA dan Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 229–236. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15607.

SisteIswanto, E., Sumiharsono, R., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint dan Buku Teks terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Tata Surya Siswa Kelas VI Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 di MI Negeri 2 Jember. Journal of Education Tech, 1(2), 7–20. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172.

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359.

Suhdy, M., & Supriyadi, M. (2020). Penerapan Pendekatan Tutorial pada Pembelajaran Servis Atas Bola Voli di Smp Negeri 13 Lubuklinggau. 4, 69–77.

Sunarti, S., & Rachman, D. (2018). The Effectiveness of Flip Classroom with Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Method to Teach Reading Viewed from Students’ English Learning Interest. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 3(2), 183. https://doi.org/10.24903/sj.v3i2.246.

Sutarto, S. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Mengembangan Sikap Spiritual dan Sosial Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792.

Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, & Roysa, M. (2021). Analisis Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio, 7(1), 122–128. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.882.

Wahanani, S. (2016). Penerapan Pendekatan Cooperative Learning STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tarbawi, 13(2), 47–60. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.592.

Downloads

Published

2021-09-17

How to Cite

Suasa, K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Gerak Dasar Passing Bawah Bola Voly pada Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 548–553. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39477