Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Akhlak Terpuji Melalui Model Pembelajaran Index Card Match
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44291Keywords:
Index Card Match, Aktivitas, Hasil BelajarAbstract
Peserta didik yang aktif, kreatif, dan mampu mengembangkan potensi dirinya masih belum banyak. Hal ini akan memengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar akidah akhlak pada materi akhlak terpuji kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif komparatif dan deskriptif komunikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik sebesar 11,21% dari pra siklus ke siklus I dan 11,52 % dari siklus I ke siklus II. Penerapan model pembelajaran Index Card Match juga dapat meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan sebesar 21,21% dari pra siklus ke siklus I dan 12,12% dari siklus I ke siklus II dengan kategori tinggi. Model Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Diharapkan temuan ini dapat disosialisasikan pada teman sejawat dalam satu rumpun bidang studi, teman satu madrasah, atau dalam MGMP Akidah Akhlak.
References
Annisa, F., & Marlina. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047 – 1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209.
Arief Kresna dan Juni Ahyar. (2020). Pengaruh Physical Distancing dan Social Distancing terhadap Kesehatan dalam Pendekatan Linguistik. Jurnal Syntax Transformation, 1(4), 14–18. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76.
Asnimar. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Siswa Kelas V SD Negeri 002 Batu Bersurat. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(2), 208 – 216. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4590.
Bay, R. R. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Pembelajaran Saintifik dengan Menggunaan Media Gambar Foto di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Boameze. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 083–092. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1466.
Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 282. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275.
Fadila, S. J., Hendra, H., & Siska, A. (2020). Pengembangan Media Permainan Index Card Match pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 42 Kambang Harapan Kabupaten Pesisir Selatan. IV(3), 1–11. http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/187.
Fatmawati, F., & Harmanto. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Index Card Match Materi Peristiwa Lahirnya Pancasila Muatan IPS. Joyful Learning Journal, 8(2), 113–118. https://doi.org/10.15294/jlj.v8i2.
Hafa, M. F., Suwignyo, H., & Mudiono, A. (2017). Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 2(12). https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10315.
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417.
Harefa, D., Sarumaha, M., Gee, E., Ndruru, K., Ndruru, M., Telaumbanua, T., & Ndraha, L. D. M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Index Card Match di SMP Negeri 3 Maniamolo. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.914.
Karunasree, K., & Francis, S. (2020). Developing Writing Skills of ESL Learners Using Task Based Language Teaching. Journal of Critical Reviews, 7(6), 6–8. https://doi.org/10.31838/jcr.07.06.02.
Mengesha, A. H. (2015). Impact of Leadership Approaches on Employee Motivation: An Empirical Investigation in Haramaya University. AshEse Journal of Business Management, 1(3), 28–038.
Mentari, T. A. S., & Rosalina, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Rias Wajah Karakter Foto/TV/Film Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Tata Rias dan Kecantikan FPP UNP. Journal of Education Scienties, 2(2), 194–199. http://lppm.ojs.unespadang.ac.id/index.php/UJES.
Ögren, M., Nyström, M., & Jarodzka, H. (2017). There’s More to the Multimedia Effect than Meets the Eye: is Seeing Pictures Believing? Instructional Science, 45(2), 263–287. https://doi.org/10.1007/s11251-016-9397-6.
Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 25(1), 93–124. https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.237.
Rosidha, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi melalui Model Pembelajaran Make and Match Berbasis Media Karu Pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2946.
Rufaidah, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dengan Media LKPD pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII-B Mts Al-Ma’Arif Bocek Karangploso Tahun Pelajaran 2017/2018. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 95. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2621.
Sari, M. I., & Agustini, F. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 41–45. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17283.
Susanto, Dewi, N. R., & Irsadi, A. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Education Game pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Cahaya untuk Siswa SMP/MTs. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.15294/usej.v2i1.1829.
Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Wulandari, F, & Rakhmawati, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Matematis: Dampak Strategi Pembelajaran Index Card Match. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 203–209. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4291.
Wulandari, Fitri, & Rakhmawati, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Matematis : Dampak Strategi Pembelajaran Index Card Match. Desimal, 2(3), 203 – 209. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4291.
Yanni, M. H. (2018). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran TAPPS Berbasis Pendekatan (STEM). Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 117–125. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.373.