Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Siswa Kelas VI SD

Authors

  • Ni Nyoman Sekarini SD Negeri 3 Kalianget, Seririt, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45817

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatit Tipe TTW, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran yang lebih dominan berpusat pada guru kurang memberikan pengalaman kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan proses. Akibatnya siswa tidak memiliki keterampilan proses yang memadai. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI berjumlah 21 orang siswa. Metode pengumpulan data hasil belajar menggunakan metode tes. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada siswa kelas VI dinyatakan meningkat. Hal ini dibuktikan dengan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1430, rata-rata 68, daya serap 68%, ketuntasan belajar 38%) dan siklus II (jumlah 1665, rata-rata 79, daya serap 79%, ketuntasan belajar 95%). Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, terjadi kenaikan rata-rata daya serap 11%, dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 57%. Maka, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada siswa kelas VI dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan karakter kerja sama, berkreasi, bertindak aktif, bertukar informasi, mengeluarkan pendapat, bertanya, berdiskusi, berargumentasi dan lain-lainnya.

References

Adawiah rabiatul. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 129–145.

Afandi, M. (2019). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di MI Muhammadiyah Tanjung Inten. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3875. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3875

Annisa, F., & Marlina. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047 – 1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209

Artayasa, I. P., Fitriani, T., Handayani, B. S., & Kusmiyati, K. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) secara Online terhadap Literasi Informasi Siswa SMA. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), 641–648. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3558. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3558

Artini, N. P. Y., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisuda. Mimbar PGSD Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8623.

Asriningsih, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Banjar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2327.

Darmayasa, I. W. G. S., Suara, I. M., & Manuaba, I. B. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.922.

Ekayani, N. W., Antara, P. A., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Karakter. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 163–172. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19386.

Elisa, N. S., Hikmah, N., Turmuzi, M., & Arjudin, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 695–702. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.108. DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.108

Ermavianti, D., & Sulistyorini, W. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Membangun Keterampilan Bertanya Produktif Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9350. DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9350

Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 282–294. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620

Gusmiharti, R., & Fitri, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Peningkatan Kompetensi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 265 – 272. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2444. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2444

Hamid, M. A., Permata, E., Aribowo, D., Darmawan, I. A., Nurtanto, M., & Laraswati, S. (2020). Development of Cooperative Learning Based Electric Circuit Kit Trainer for Basic Electrical and Electronics Practice. Journal of Physics: Conference Series, 1456(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1456/1/012047. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1456/1/012047

Hamidah, Djahir, Y., & Fatimah, S. (2017). Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Time Token dengan Think Talk Write terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS di SMPN 10 Palembang. Jurnal PROFIT, 4(1), 12–24. https://doi.org/10.36706/jp.v4i1.5575.

Hasnidar, H., & Elihami, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning terhadap Hasil Belajar PKn Murid Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42–47. DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.327

Istiqomah, N., & Maemonah. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974. DOI: https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembanagn Kognitif Piaget padaTahap Anak Usia Operasioanl Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtibdaiyah, 9(1), 27–34. DOI: https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Khan, F. M. A., & Masood, M. (2015). The Effectiveness of an Interactive Multimedia Courseware with Cooperative Mastery Approach in Enhancing Higher Order Thinking Skills in Learning Cellular Respiration. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 977–984. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.567. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.567

Kurnia, H. S., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Penerapan Model TTW Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kebersamaan pada Siswa Kelas II SDN Kutowinangun 11. Jurnal Basicedu, 3(1), 250 – 256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.113. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.113

Perawati, N. M. (2021). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Model Pembelajaran Think-Talk-Write sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 5(1), 145–150. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31931. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31931

Purwanti, R., Zainuddin, Z., & Suyidno, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 161 – 172. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i2.849. DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v2i2.849

Putu, N., Sp, S., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2016). Hubungan antara Prestasi Belajar dan Peranan Orang Tua Serta Interaksi Teman Sebaya Mata Pelajaran PKn. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7465.

Rahmaniar, E., Maemonah, & Mahmudah, I. (2022). Kritik terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264

Risdiyati, F., Miyanti, S. E., & Sagita, L. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Godean. Jurnal Derivat, 3(1), 49 – 56. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i1.628. DOI: https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i1.628

Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SD M 020 Kuok. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37

Rizal, Muhammad Syahrul. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Keaktifan dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 020 Kuok. Jurnal Basicedu, 2(1), 111 – 119. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.129. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.129

Rufaidah, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dengan Media LKPD pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII-B MTs Al-Ma’Arif Bocek Karangploso Tahun Pelajaran 2017/2018. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 95. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2621. DOI: https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2621

Siswinarti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18084. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18084

Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905

Sulianti, A. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Budaya Multikultural untuk Menanamkan Sikap Patriotisme Warga Negara. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 48–55. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp48-55. DOI: https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp48-55

Susanto, R., & Anti, M. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) terhadap Kecerdasan Interpersonal pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 260. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510

Wiadnyana, I. W. P. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 6(3), 26–34. https://doi.org/10.23887/jpku.v6i3.22071. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.8095

Widiani, N. L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(2), 278–284. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33312. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33312

Winarno, W. W., Rusnaini, R., Muchtarom, M., Yuliandri, E., Rasyid, M. Al, & Suryaningsih, A. (2020). Analisis Kesulitan Guru PPKn dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Bhinneka Tunggal Ika. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 97–112. https://doi.org/10.24036/8851412422020510. DOI: https://doi.org/10.24036/8851412422020510

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Sekarini, N. N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 175–181. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45817

Issue

Section

Artikel