Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VI

Authors

  • Gusti Komang Sudarta SD Negeri 3 Sepang Kelod, Busungbiu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45826

Keywords:

Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA siswa cenderung disebabkan karena masih kurangnya inovasi yang dilakukan dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran terkesan membosankan. Adapun tujuan dari penelitian ini, yakni untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas VI SD. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 26 orang siswa kelas VI. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes dengan instrumen berupa tes hasil belajar.  Data yang diperoleh pada penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif sebagai pengambilan keputusan akhir. Analisis deskriptif dilakukan untuk mengetahui tinggi rendahnya kualitas hasil belajar siswa, melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis masalah. Hasil tes dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata yang kemudian dikonversikan ke dalam kategori PAP hasil belajar. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1675, rata-rata 64, daya serap 64%, ketuntasan belajar 69%) dan siklus II (jumlah 1980, rata-rata 76, daya serap 76%, ketuntasan belajar 96%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 12% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 27%. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik simpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD.

References

Achadah, A. (2019). Evaluasi dalam Pendidikan sebagai Alat Ukur Hasil Belajar. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, 6(1), 97–114. https://doi.org/10.36835/annuha.v6i1.296. DOI: https://doi.org/10.36835/annuha.v6i1.296

Agustin, N. K. T. J., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19148. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19148

Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan Penguasaan Konsep Biologi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Guided Inquiry Di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 19–23. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.466. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.466

Anjelina, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1), 21–32. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Ardithayasa, I. W., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 163. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9. DOI: https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9

Damayanti, E., Wasitohadi, W., & Sri Rahayu, T. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPA melalui Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Video pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Kaliwungu 02 Semester II. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 361. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.384. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.384

Fajriyati, R., Supandi, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(4), 56–66. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3882. DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3882

Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.35445/alishlah.v10i1.68.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Kartika, N. W. B., Murda, I. N., & Putu Ari Dharmayanti. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/ viewFile/11005/7056.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Maretika, L. D., Syahrial, A., & Kurniawan, D. A. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi IPA terhadap Calon Guru Sekolah Dasar PGSD FKIP Universitas Jambi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 41. https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.797. DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.797

Medyasari, L. T., Muhtarom, M., & Sugiyanti, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Kartu Soal terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. AKSIOMA, 8(1), 65. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1511. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1511

Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran IPA pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825

Ningsih, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTsN Kabupaten Kerinci. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 351–362. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.118. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.118

Nurbaeti, R. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 53–57. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1233. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1233

Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535

Putri, R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.152. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.152

Rosyid, H. N., Wahyono, U., & Darmadi, I. W. (2017). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Kit IPA terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMPN 1 Tomini. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 5(2), 30. https://doi.org/10.22487/j25805924.2017.v5.i2.8407. DOI: https://doi.org/10.22487/j25805924.2017.v5.i2.8407

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problembased Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 53–65. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/ pgsd/article/view/433.

Sarifudin, A. (2019). Peningkatan Kinerja Guru dalam Implementasi Penilaian Sistem SKS melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.539. DOI: https://doi.org/10.30868/im.v2i01.374

Suandewi, K., & Wibawa, I. M. C. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD No. 3 Kapal. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 59. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10116. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10116

Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Swiyadnya, I. M. G., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111

Takaeb, M. J., & Mone, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar terhadap Prestasi Belajar Siswa-Siswi Kelas VIII SMP Negeri 3 Soe. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 1(2), 33–38. https://doi.org/10.24246/juses.v1i2p33-38. DOI: https://doi.org/10.24246/juses.v1i2p33-38

Tariani, N. K. (2018). Penerapan Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1). https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14219. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14219

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344

Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 1(1), 52. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579. DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579

Wiranata, I. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1). https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14224. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14224

Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 11. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Sudarta, G. K. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VI. Journal of Education Action Research, 6(2), 221–227. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45826

Issue

Section

Artikel