Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ketut Masana SD Negeri 1 Joanyar, Seririt, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45861

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Masih banyak permasalahan yang terjadi dalam proses pelaksanaan pembelajaran matematika di SD. Hal ini mengakibatkan hasil belajar matematika di kelas V belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 23 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar matematika dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1495, rata-rata 65, daya serap 65%, ketuntasan belajar 61%) dan siklus II (jumlah 1720, rata-rata 75, daya serap 75%, ketuntasan belajar 96%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 10% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 35%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas V SD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran agar berpusat pada siswa dan membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran inovatif.

References

Asih, T., & Ujianti, P. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665

Aslami, A. D., & KHB, M. A. (2019). Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 363–370. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22627. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22627

Asri, B. W., Nurhalim, K., & Suhandini, P. (2019). The implementation of talking stick model assisted by audio-visual media toward positive character and learning outcome. Journal of Primary Education, 8(2), 225–231. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/26487.

Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017a). Pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar IPA kelas V. Journal of Education Technology, 1(7), 183–190. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503.

Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017b). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1). https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139

Buyung, & Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 21 – 25. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.519. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.519

Ernaeni, L., & Gunawan, I. (2019). Model Advanced Organizer: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 79–83. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3974. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3974

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91. https://doi.org/doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353

Fitri, R., Neviyarni, N., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Pkn Dengan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 183–193. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.322. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.322

Fitriani, P., & Permana, R. (2019). Pengaruh Realistic Mathemathic Education (RME) dengan Teknik Pair Cheks pada Materi Pecahan terhadap Prestasi Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 73–82. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22104

Gönültaş, S., Richardson, C. B., & Mulvey, K. L. (2021). But They Weren’t Being Careful! Role Of Theory Of Mind In Moral Judgments About Victim And Transgressor Negligence. Journal of Experimental Child Psychology, 212. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105234. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105234

Istikomah, I., Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Sigil: Pengembangan E-Modul Berbasis Realistik Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa Kelas Viii Smp. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 91–98. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1957. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1957

Kurino, Y. D. (2017). Penerapan Realistric Mathematic Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Volume Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 274–282. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.594. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.594

Kusumayani, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi IPA Siswa IV SD. Pendidikan Multikultural Indonesia, 2. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805.

Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332

Masrokhah, Utaminingsih, S., & Su’ad. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kecamatan Demak. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 232–242. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7249. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7249

Meganingtyas, B. R., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2019). The Effect of Using Course Review Horay and Talking Stick Learning Methods Towards Social Science Learning Result Reviewed From Learning Interest. International Journal of Educational Research Review, 1(1), 190–197. https://doi.org/10.24331/ijere.518053. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.518053

Novera, R. D., Sukasno, S., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep Etnomatematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7161–7173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3404. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3404

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika melalui model discovery learning di kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/113. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98

Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220

Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777

Puspitawangi, R.K., et. al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6957. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11608

Suardiana, I. M. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 542–547. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476

Sujiantari, N. K. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 7(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7573.

Sulistyaningrum, H., Kuntum, H., & Ummatin, K. (2018). Effectiveness Of Problem Solving Of Solso And Locus Of Control Against Mathematics Learning Achievements Of High School Students. Jurnal Teladan, Volume 3(2), 133–141. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/41.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.150

Wahyuni, K. A., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Bahasa Kelompok B TK Santa Maria Ratu Rosari Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 110–119. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18765. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18838

Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Rasmani, U. E. E., Hafidah, R., Pudyaningtyas, A. R., & Syamsuddin, M. M. (2020). STEAM Learning in Early Childhood Education: A Literature Review. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(1), 33. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i1.39855. DOI: https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i1.39855

Wardah, F., & Fitria, Y. (2021). Dampak Model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Kompetensi Belajar IPA pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(6), 5481–5487. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1652. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1652

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Masana, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(4), 492–498. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45861