Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45861Keywords:
Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Masih banyak permasalahan yang terjadi dalam proses pelaksanaan pembelajaran matematika di SD. Hal ini mengakibatkan hasil belajar matematika di kelas V belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 23 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar matematika dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1495, rata-rata 65, daya serap 65%, ketuntasan belajar 61%) dan siklus II (jumlah 1720, rata-rata 75, daya serap 75%, ketuntasan belajar 96%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 10% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 35%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas V SD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran agar berpusat pada siswa dan membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran inovatif.
References
Asih, T., & Ujianti, P. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665
Aslami, A. D., & KHB, M. A. (2019). Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 363–370. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22627. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22627
Asri, B. W., Nurhalim, K., & Suhandini, P. (2019). The implementation of talking stick model assisted by audio-visual media toward positive character and learning outcome. Journal of Primary Education, 8(2), 225–231. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/26487.
Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017a). Pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar IPA kelas V. Journal of Education Technology, 1(7), 183–190. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503.
Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017b). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1). https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503
Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139
Buyung, & Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 21 – 25. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.519. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.519
Ernaeni, L., & Gunawan, I. (2019). Model Advanced Organizer: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 79–83. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3974. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3974
Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91. https://doi.org/doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353
Fitri, R., Neviyarni, N., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Pkn Dengan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 183–193. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.322. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.322
Fitriani, P., & Permana, R. (2019). Pengaruh Realistic Mathemathic Education (RME) dengan Teknik Pair Cheks pada Materi Pecahan terhadap Prestasi Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 73–82. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22104
Gönültaş, S., Richardson, C. B., & Mulvey, K. L. (2021). But They Weren’t Being Careful! Role Of Theory Of Mind In Moral Judgments About Victim And Transgressor Negligence. Journal of Experimental Child Psychology, 212. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105234. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105234
Istikomah, I., Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Sigil: Pengembangan E-Modul Berbasis Realistik Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa Kelas Viii Smp. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 91–98. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1957. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1957
Kurino, Y. D. (2017). Penerapan Realistric Mathematic Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Volume Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 274–282. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.594. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.594
Kusumayani, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi IPA Siswa IV SD. Pendidikan Multikultural Indonesia, 2. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805.
Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805
Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332
Masrokhah, Utaminingsih, S., & Su’ad. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kecamatan Demak. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 232–242. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7249. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7249
Meganingtyas, B. R., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2019). The Effect of Using Course Review Horay and Talking Stick Learning Methods Towards Social Science Learning Result Reviewed From Learning Interest. International Journal of Educational Research Review, 1(1), 190–197. https://doi.org/10.24331/ijere.518053. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.518053
Novera, R. D., Sukasno, S., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep Etnomatematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7161–7173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3404. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3404
Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika melalui model discovery learning di kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/113. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98
Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777
Puspitawangi, R.K., et. al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6957. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11608
Suardiana, I. M. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 542–547. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476
Sujiantari, N. K. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 7(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7573.
Sulistyaningrum, H., Kuntum, H., & Ummatin, K. (2018). Effectiveness Of Problem Solving Of Solso And Locus Of Control Against Mathematics Learning Achievements Of High School Students. Jurnal Teladan, Volume 3(2), 133–141. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/41.
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.150
Wahyuni, K. A., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Bahasa Kelompok B TK Santa Maria Ratu Rosari Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 110–119. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18765. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18838
Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Rasmani, U. E. E., Hafidah, R., Pudyaningtyas, A. R., & Syamsuddin, M. M. (2020). STEAM Learning in Early Childhood Education: A Literature Review. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(1), 33. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i1.39855. DOI: https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i1.39855
Wardah, F., & Fitria, Y. (2021). Dampak Model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Kompetensi Belajar IPA pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(6), 5481–5487. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1652. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1652
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ketut Masana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.