Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45871Keywords:
Kooperatif, Make a Match, Hasil Belajar, TematikAbstract
Guru kurang maksimal dalam menggunakan model atau metode pembelajaran. Banyaknya materi yang ada pada kurikulum sekolah, sehingga pembelajaran tematik sulit untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas III SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas III yang berjumlah 21 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar tematik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes hasil belajar. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas III dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1360, rata-rata 65, daya serap 65%, ketuntasan belajar 48%) dan siklus II (jumlah 1630, rata-rata 78, daya serap 78%, ketuntasan belajar 90%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 13% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 42%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match pada siswa kelas III SD dapat meningkatkan hasil belajar tematik. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta memudahkan guru dalam menyampaikan materi.
References
Amris, F. K., & Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170
Anggara, A., & Rakimahwati, R. (2021). Pengaruh Model Quantum learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3020–3026. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1265. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1265
Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 189–197. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19389.
Astuti, N. P. A. W., Ardana, I. K., & Suardika, I. W. R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Gugus III Mengwi. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1231.
Ayatullah, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Menggunakan Metode Demonstrasi dan Media Nyata pada Kelas IV SDN 3 Sepit Tahun Pelajaran 2017/2018. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 61 – 82. https://doi.org/10.36088/fondatia.v2i2.127. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v2i2.127
Eryani, N. H. zain; I. C. S. R. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Handaryani, N. M. D. P., & Pudjawan, I. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 270–279. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15714. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15714
Hazimah, N., & Muhammadi. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 1–8. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2693.
Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220
Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409
Kusumayuni, P. N. (2021). E-Book with A Scientific Approach on Natural Science Lesson For Fifth Grade Students of Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 177–185. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.32048.
Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379
Pertiwi, I. N., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 7(3), 261–270. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Puspitawangi, R.K., et. al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6957. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11608
Qondias, Anu, & Niftalia. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Mapping SD Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 176--182. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590
Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369
See, S., & Novianti, C. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1212 – 1218. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522
Sholihah, A. F., Study, P., Pendidikan, T., Pendidikan, J. I., Bimbingan, P. D. A. N., Pendidikan, F. I., & Ganesha, U. P. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make a Match Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Mi At-Taufiq Singaraja Tahun. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 36–47. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.21830.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make A Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542-5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363
Utami, N. P. M. A., Ganing, N., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Suku Kata Berpegaruh Terhadap Keterampilan Menulis. Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035
Widayanti, N. M. A. G., Sudarma, I. K., & Suarjana, I. M. (2020). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD. MIMBAR PGSD, 2(4), 331–342. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7078. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.327
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anak Agung Ngurah Sambawarana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.