Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas III

Authors

  • Putu Ariasa SD Negeri Banyuseri, Buleleng, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.51245

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Agama Hindu

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan dapat dilihat dari proses pembelajaran di sekolah minat siswa untuk memiliki ilmu pengetahuan yang diberikan masih sangat rendah. Sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa Agama Hindu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu siswa kelas III SD melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil nilai tes awal yang masih dibawah standar siswa kelas III diketahui 7 orang dari 27 siswa yang nilainya di bawah KKM dengan daya serap 65,76% dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 46,15%. Nilai hasil tindakan siklus I dari 27 orang siswa 18 orang memperoleh nilai diatas KKM dengan daya serap 76,30% dan ketuntasan belajarnya mencapai 66,67%. Siklus II di peroleh hasil 23 orang dari 27 siswa mencapai nilai diatas KKM dengan daya serap 80,74% dan ketuntasan belajarnya mencapai 85,19 %. Hasil menunjukkan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD. Implikasi penelitian ini diharapkan guru mata pelajaran Agama Hindu dapat memilih model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

References

Agrin, G. S., Arifuddin, M., & Miriam, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 86. https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1005. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1005

Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355

Arimbawa, I. G. A., Atmadja, N. B., & Natajaya, I. N. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Membangun Nilai Karakter Siswa melalui Implementasi Tri Hita Karana. IVCEJ, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20306. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20306

Burengge, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 275. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832

Erly. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD): Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5960. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5960

Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9693.

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359

Ihsan, I. A., & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantu media puzzle terhadap keterampilan berbicara siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 479–486. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21799. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21799

Imtikhanah. (2022). Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisionspada Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Education Action Research, 6(2), 259–268. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45879. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45879

Isa, M., Khaldun, I., & Halim, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9696. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9696

Kadang, S. A., & Nainggolan, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(1), 43–54. https://doi.org/10.31957/jipi.v5i1.236. DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v5i1.236

Lastia, I. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30943. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31561

Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tsts (Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359

Lestari, I. A. P. S. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV Sd Negeri 2 Tumbu Karangasem. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 58–66. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.398. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.398

Mardhotillah, S., Surya, Y. F., & Zulfah, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Telling untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis karangan Narasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 262–269. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1229. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1229

Moma. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Cakrawala Pendidikan, 31(1), 130– 139. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.10402. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.10402

Palistini, N. L. A. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal Peningkatan Mutu, 4(1), 95 – 100. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.402. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.402

Paramartha, W., & Yasa, I. W. S. (2017). Mengungkap Model Pendidikan Hindu Bali Tradisional Aguron-guron. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 32(1). https://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.92.

Perni, N. N., & Paramitha, H. Y. (2020). Improving Teacher’s Professionalism To Increase The Quality Of Hindu Religious Education In School. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 78 – 87. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1301. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1301

Rami, N. W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Journal of Education Technology, 3(3), 186–189. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21744. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21744

Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Di SD INPRES Ende 14. Mimbar PGSD, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983

Sa’adiah, H., Syaiful, S., Hariyadi, B., & Yudistira, P. (2021). Student team achievement divisions (STAD) and jigsaw learning in terms of numerical abilities: The effect on students’ mathematics learning outcomes. Desimal: Jurnal Matematika, 4(3), 247 – 260. https://doi.org/10.24042/djm.v4i3.9746. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v4i3.9746

Sasomo, B. (2021). Pengembangan Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)-Virtual melalui Breakout Room pada Aplikasi Zoom Meeting. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 65–74. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33300

Setiawan, H., Rusmiati, R., & Ismail, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivment Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 5(01), 16–23. DOI: https://doi.org/10.30599/utility.v5i01.1166

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54. DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54

Sihombing, I. L., Simarmata, E. J., Mahulae, S., & Silaban, P. J. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3974–3979. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1010. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1010

Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 226. https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723. DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723

Suandi, I. N. (2022). Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 135–140. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.45083. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.45083

Sudana, I. M., & Sudarsana, I. K. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Agama Hindu Di Sekolah Luar Biasa C Negeri Bangli. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2), 208–218. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.575. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.575

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128

Sudarmi, N. L. (2022). Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Berbantuan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 179–188. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575163.

Sukarta, I. G. K. (2020). Meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Hindu dan budi pekerti siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Marga melalui penerapan teknik megending. Indonesian Journal Of Educational Development, 1(2), 170 – 179. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003800.

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559

Suparsawan, I. K. (2021). Implementasi pendekatan saintifik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 607–620. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560676. DOI: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.278

Suparta, I. G., Wesnawa, I. G. A., & Sriartha, I. P. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa SMP Negeri 1 Kubu. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 8(1), 12–22. https://doi.org/10.23887/jjpg.v8i1.23206. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpg.v8i1.23206

Surasti, N. W. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Hindu Melalui Penerapan Model Reading Guide Berbasis PAIKEM di Kelas VI di SD Negeri 3 Cakranegara. Jurnal Kependidikan, 3(2). https://doi.org/10.33394/jk.v3i2.677.

Tanu, I. K. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Dosen Menuju Kualitas Pendidikan Tingi Agama Hindu Dan Sumber Daya Manusia Hindu. Jurnal Pendidikan Mutu, 4(1), 32 – 47. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.396. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.396

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Triyana, I. G. N., & Ratmini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Penyuluhan Agama Hindu. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 83–90. https://doi.org/10.55115/purwadita.v4i1.543.

Widiarsa, I. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 234–253. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.37. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.37

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Ariasa, P. . (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas III. Journal of Education Action Research, 6(4), 57–572. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.51245