Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Ni Nyoman Wirati SMK N 1 Mas Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.66558

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Aktivitas dan Prestasi Belajar

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena aktivitas dan prestasi belajar siswa tergolong rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan perestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Front Office melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Subjek penelitian ini berjumlah 37 orang siswa. Rancangan penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Objek penelitian ini adalah aktivitas dan prestasi belajar siswa. Data aktivitas belajar siswa dicatat dengan menggunakan lembar observasi dan data prestasi belajar diperoleh dengan menggunakan tes pada setiap akhir siklus. Data yang telah terkumpul dianalisi menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan peningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Peningkatan aktivitas dan prestasi belajar ini dapat terjadi mengingat penerapan model pembelajaran kontekstual membantu siswa untuk membangun, memahami dan memahami dirinya sendiri untuk mengkonstruksi konsep sehingga menemukan konsep baru. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas dan perestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Front Office.

References

A.P, K., & Kholiq, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengemasan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Ngebel Ponorogo. Jurnal Sosiologi Reflektif, 14(2), 407 – 424. https://doi.org/10.14421/jsr.v14i2.1836. DOI: https://doi.org/10.14421/jsr.v14i2.1836

Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learninf di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 5(1), 16–28. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630. DOI: https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630

Aviory, K. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Geometri Ruang. JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara, 3(2). https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.11804. DOI: https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.11804

Burengge, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 275. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832

Fauzan, A., & Nurahayu, F. J. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Negeri Sukamandi VII. SINAU: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 6(1), 1–23. https://doi.org/10.37842/sinau.v6i1.23. DOI: https://doi.org/10.37842/sinau.v6i1.23

Fithriyani, H. Y., & Anggraeni, P. D. (2023). Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Dalam Praktik Front Office. Juni : Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2). Retrieved from http://ejournal.alhafiindonesia.co.id/index.php/JOUPI/article/view/68

Hanina, P., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(5), 3791–3798. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1402. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1402

Hasan. (2021). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model contextual teaching and learning pada era new normal. IJED: Indonesian Journal of Educational Development, 1(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.4560726.

Hendra, K., Wijaya, Y., Studi, P., Pendidikan, T., & Ganesha, U. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Edutech Undiksha, 8(2), 1–16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919

Hikam, F. F., & Karima, S. (2020). Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Prestasi Siswa pada Bidang Studi PAI di SDIT Insantama Banjar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.655. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.655

Insani, Y. D., & Setiyariski, R. (2020). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department Melalui Tugas dan Tanggung Jawab Concierge Pada Hotel Savoy Homann. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(1). https://doi.org/10.51977/jiip.v2i1.297.

Irwanto. (2019). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 77–91. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).77-91. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).77-91

Jayadiningrat, M. G., Widiana, I. W., Tria Ariani, N. W., & Widiani, N. K. (2022). Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) DAN Penilaian Autentik terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 394–402. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.50268. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.50268

Kusumayuni, P. N., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Model Discovery Learning Berbasis STEAM: Dampaknya Terhadap Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 186–195. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59771. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59771

Lestari, D. D., & Muchlis. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learnin untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987

Made, N., Cahyani, S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203

Mahmud, F., Suriani, N. W., & Wowor, E. C. (2022). Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 1 Tutuyan. SCIENING : Science Learning Journal, 3(2), 83–89. https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.4062. DOI: https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.4062

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665

Masalubu, S. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual (CTL) Pada Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas V SDN 01 Duhiadaa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(2), 121–128. https://doi.org/10.37905/aksara.4.2.121-128.2018. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.4.2.121-128.2018

Melyawati, P., Suriani, N. M., & Ariani, R. P. (2022). Penerapan Model Role Playing Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Front Office Di SMK Negeri 1 Kubu. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 13(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPKK/article/view/50548.

Purnianingrum, G. A. N. T., & Manuaba, I. B. S. (2022). Media pembelajaran e-mading berbasis contextual teaching and learning pada tematik subtema bagiamana tubuh mengolah makanan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2 SE-Articles), 191–201. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.46165. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.46165

Purwanto, A., Putri, D. H., & Hamdani, D. (2021). Penerapan Project Based Learning Model Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Belajar. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34

Putri, I. G. A. P. L., Wiarta, I. W., & Ganing, N. N. (2023). Model Contextual Teaching Learning dan Pengaruhnya terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 10–17. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58340. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58340

Rahayu, A., Prasetyo, A. T., & Cahyo Budi Utomo. (2023). Pengembangan Komik Digital Berbasis CTL Untuk Pemahaman Konsep IPA dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1). https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.122234. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.122234

Ria Aryani. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing Dan Demonstration (RPD) Untuk Meningkatkan Kompetensi Layanan Front Office Siswa Kelas Xi Di SMK Pariwisata Kabupaten Bogor. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 4(3). Retrieved from https://journal.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/129.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140. DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Rukajat, A. (2019). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 85–111. https://doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4589.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638. DOI: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287. DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287

Sukamto, T. (2022). Pemanfaatan Media Phet Simulation Pada Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Educatio, 8(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2327.

Sulistyowati, P., & Putri, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Kelas Iv Tema 3 Subtema 1. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p1-6. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p1-6

Sururuddin, M., & Dkk. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3848. DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3848

Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898. DOI: https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898

Tuto, Y. A., Hakim, A. R., & Wadu, L. B. (2020). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN Sukun 2 Kota Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 311–322. https://conference.unikama.ac.id/artikel.

Wulandari, S., Octaria, D., & Mulbasari, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip Pdf Builder Berbasis Contextual Teaching and Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2). https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4628. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4628

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Wirati, N. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education Action Research, 7(4), 508–517. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.66558