Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Komang Widiani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Tri Esaputra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Putu Kusuma Widiastuti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.67446

Keywords:

Hasil Belajar, Motivasi, Teams Games Tournament

Abstract

Motivasi dan hasil belajar Agama Hindu sebagian siswa kurang dan berada di bawah kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh sekolah. Berdasarkan hasil wawancara juga diperoleh keterangan bahwa motivasi belajar siswa rendah dikarenakan metode pengajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam mata pelajaran agama Hindu kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Data yang diperoleh dari metode kuisioner dan tes selanjutnya dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam mata pelajaran Agama Hindu kelas V menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 14,14 dari rata-rata 70,86 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Selain itu, terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 12,76 dari rata-rata 72,48 pada siklus I menjadi 85,24 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam mata pelajaran agama hindu kelas V dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan terjadi karena siswa merasa termotivasi untuk belajar dengan adanya diskusi kelompok belajar, games tournament dan penghargaan kelompok.

References

Abda’u, N. F., Hanurawan, F., & Sutarno, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Tradisional terhadap Hasil Belajar Anak SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 1. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13108. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13108

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90–101. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868

Armin, R., & Astuti, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 12 GU. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7, 178–183. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.455. DOI: https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.455

Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learninf di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 5(1), 16–28. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630. DOI: https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630

Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Gava Media.

Diah Evita Rani. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 6(4), 6068–6077. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3146. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3146

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Fauziyah, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) melalui Media Powerpoint Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik, 5(3), 248–253. DOI: https://doi.org/10.35542/osf.io/f469r

Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176–182. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502

Herawati, E. L. (2022). Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP S. Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 117–125. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.7092. DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.7092

Hermawan, A., & Rahayu, T. S. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model Team Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 467–475. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.386. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.386

Hiliasih, R., Bahriah, E. S., & Zidny, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (Tgt) Pada Materi Redoks Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(1), 25. https://doi.org/10.30870/educhemia.v2i1.1209. DOI: https://doi.org/10.30870/educhemia.v2i1.1209

Kamaruddin, S., & Yusoff, N. M. R. N. (2019). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Jigsaw and Team Games Tournament (TGT) towards Social Skills. Creative Education, 10(12), 2529–2539. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012180. DOI: https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012180

Lestari, W., & Widayati, A. (2022). Implementation of Teams Games Tournament to Improve Student’s Learning Activity and Learning Outcome: Classroom Action Research. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14, 5587–5598. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1329. DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1329

Murtiyasa, B., & Hayuningtyas, W. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Kooperatif Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 358–368. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2765. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2765

Nurhayati, H., Robandi, B., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i1.14014.

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425

Rahayuni, N. L., Abadi, I. B. G. S., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28902. DOI: https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28902

Sahabuddin, S., Yunus, M., & Nur, M. (2021). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Team Quiz dengan Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SD Negeri Lakkang. Bosowa Journal of Education, 2(1), 27–32. https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1170. DOI: https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1170

Sanjaya, H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48. DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260

Sobandi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournaments) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 99 – 106. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.20. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.20

Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913

Susmiatiningsih, F., Sanusi, S., & Krisdiana, I. (2013). Upaya Peningkakan Prestasi Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pokok Bahasan Peluang Di Sma Negeri 1 Dagangan Madiun Kelas Xi Ips. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(2). https://doi.org/10.25273/jipm.v1i2.483. DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v1i2.483

Syarani, R. N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Peningkatan Kemampuan Kanji (Studi Eksperimen Murni terhadap Mahasiswa Semester 4 STBA JIA BEKASI. CHI’E Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/chie.v7i2.34094. DOI: https://doi.org/10.15294/chie.v7i2.34094

Utami, F., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Berbantuan Media Papan Jaring Baku Siswa Kelas V. JURNAL BASICEDU (Research & Learning in Elementary Education), 3(2), 326 – 335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.10. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.10

Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779. DOI: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779

Yuliawati, A. A. N. (2021). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 356 – 364. https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868.

Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70. DOI: https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Widiani, N. K. ., Esaputra, I. N. T. ., & Widiastuti, N. P. K. . (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 553–558. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.67446